search

Cacar?

saya memiliki keluhan masalah kulit dok. minggu lalu daerah tulang belikat sebelah kiri saya terasa sangat sakit, saya kira itu efek dari curva skoliosis saya bertambah lalu saya pijat 2 hari tetap tidak ada perubahan bahkan malah menjalar ke sekujur tangan kiri saya. rasanya kebas seperti hampir mati rasa dan juga mulai timbul bintik seperti cacar di lengan kiri dekat lipatan siku namun ukurannya lebih kecil dari cacar, saya kira itu hanya digigit serangga jadi hanya saya olesi minyak telon. lalu saya putuskan untuk minum neurobion putih dengan tujuan meringankan rasa kebas di tangan kiri saya, saya konsumsi selama 2 hari tapi tidak ada perubahan akhirnya saya hentikan konsumsi neurobion tersebut. dan sekitar 2 hari kemudian mulai muncul ruam seperti cacar tersebut di beberapa tempat namun tetap di lengan kiri saja dan disertai demam serta sakit kepala, saya hitung hingga hari ini ada 9 lokasi munculnya ruam tersebut (di bagian pundak belakang, lengan, ujung jari telunjuk dan jari tengah, daerah jempol dekat pergelangan). rasanya gatal bercampur panas nyeri, dan yang paling mengganggu di bagian jari telunjuk dan tengah, karena jari saya terasa kaku susah untuk menggenggam dan lemas. kira-kira sakit saya ini apa ya dok? dan apakah ada solusi untuk mengurangi rasa nyerinya? mohon informasinya. terimakasih.

Lihat Selengkapnya
wanita, 25 Tahun15 Apr 2021, 02:18 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Apakah Anda pernah mengalami cacar air sebelumnya? Biasanya infeksi yang sering terjadi untuk kedua kalinya pada individu yang pernah terkena cacar air adalah terkena Herpes zoster atau yang kita sebut cacar ular, hal ini bisa terjadi karena virus yang sama yaitu varicella zoster virus yang menyebabkan cacar air juga menyebabkan timbulnya herpes zoster.

Seseorang yang belum pernah terkena virus varicella pada saat pertama kali terkena virus ini akan menampilkan gejala - gejala cacar air dan setelah itu, virus ini akan berdiam di dalam tubuh sehingga kita memiliki antibodi terhadap virus tersebut. Jika virus ini aktif kembali maka virus ini muncul dengan gejala yang sedikit berbeda dari varicella dan disebut herpes zoster dimana secara umum gejala yang terjadi adalah rasa nyeri hebat atau rasa panas terbakar saat tubuh Anda bersentuhan dengan sesuatu meskipun sentuhan ringan seperti baju dan juga disertai dengan timbulnya gelembung - gelembung berisi cairan yang mirip dengan cacar air.

Secara teori timbulnya herpes zoster ini berkaitan dengan respon imunitas tubuh kita yang rendah, tapi pada prakteknya, seringkali juga herpes zoster terjadi pada individu yang memiliki sistem imunitas normal dan tidak rendah. Pada pasien - pasien ini herpes zoster biasanya timbul karena kadar antibodi virus varicella zoster dan imunitas seluler dalam tubuh kita turun hingga tidak lagi efektif untuk menahan virus ini dan timbul aktivasi kembali.

Untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya periksakan diri langsung ke dokter. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bintik Merah, Benarkah Pasti Herpes?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat