search

Kulit Tangan Sangat Kering

Dok, tangan saya sangat kering, karena terkena berbagai macam sabun, mandi, cuci piring, dan detergen. Selain itu awalnya ini dimulai karena terlalu sering menggunakan handsanitizer. Gejala awalnya tangan saya mulai terlihat kering bahkan cenderung kaku atau susah digerakkan, lalu lama-lama muncul bentol2 dan gatal saat tidur di malam hari yang mengakibatkan saya secara tidak sadar menggaruknya dan mengakibatkan sayatan bahkan luka sobek pada kulit saya yang sudah kering ini. Kemarin saya sudah membeli betason untuk meredakan peradangannya, karena sudah habis dan kondisi tangan sudah mendingan jadi saya tidak membeli lagi. Kemudian kondisi tangan saya sekarang ini sangat kaku, mengalami penebalan dan kering sehingga kulit matinya bnyak yg terkelupas, dan lukanya msih belum mengering. Agar tangan saya tidak terlalu kaku-kering dan kulit matinya bisa terkelupas semua bagaimana ya dok, apa ada salep atau lotion yang dapat melembabkan kulit dan tetap aman agar luka saya tidak semakin iritasi. Dan mungkin juga untuk luka akibat garukan ini bagaimana ya dok agar cepat kering. Saya sudah mengurangi penggunaan handsanitizer, tapi kalau untuk mencuci dll masih blm dok karena tidak bisa saya tinggalkan. Terima kasih dok.

Lihat Selengkapnya
wanita, 22 Tahun16 Apr 2021, 07:45 WIB

dr. Arina Heidyana

Dijawab oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kulit kering dan pecah pada daerah telapak tangan dapat disebabkan karena iritasi dan alergi terhadap bahan atau benda tertentu. Kemungkinan penyebabnya bisa dari sabun mandi, cuci piring, detergen, atau hand sanitizer yang Anda gunakan. 

Jika masih ada luka yang belum mengering, Anda dapat menggunakan kembali salep betason untuk mengatasinya. Lalu, gunakan juga hand cream atau pelembap khusus untuk kulit kering pada bagian tangan agar tidak kering. Penggunaan pelembap dapat diulangi jika Anda merasa kulit kembali kering atau setelah cuci tangan.

Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang optimal.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat