search

Nyeri Telinga

Halo, Dok. Saya ingin bertanya. Dua hari ini, bagian di belakang telinga kiri terasa sakit. Sakitnya itu pun terasa nyut-nyutan yang kadang menghilang, namun kadang timbul lagi yang bahkan bisa membuat seluruh leher terasa nyeri ketika sakitnya timbul. Apakah saya boleh meminta saran apa yang harus saya lakukan agar rasa sakit ini berkurang atau menghilang?

Lihat Selengkapnya
wanita, 19 Tahun16 Apr 2021, 09:28 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri di telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Nyeri telinga dapat menggambarkan adanya gangguan pada telinga luar, telinga tengah, atau telinga dalam. Apakah ada kemerahan atau bengkak dari telinga Anda bagian luar? apakah terdapat keluhan lain seperti gangguan pendengaran, pusing berputar, demam, dan lainnya? apakah Anda mengalami nyeri kepala serta kemerahan dan nyeri bila Anda menyentuh tulang di bawah telinga Anda?

Nyeri pada telinga dapat terjadi akibat dari infeksi, trauma terhadap telinga, atau sumbatan pada saluran tuba. Apabila Anda sedang mengalami batuk dan influenza, atau gangguan pada saluran pernapasan Anda, telinga Anda juga dapat terasa nyeri. Agar dapat menegakkan diagnosis, kami menyarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan fisik langsung terhadap bagian-bagian telinga Anda menggunakan alat khusus di telinga. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab diagnosis Anda.

Namun untuk sementara ini, Anda bisa menggunakan obat antinyeri seperti parasetamol atau ibuprofen untuk redakan nyerinya.

Demikian penjelasan tentang nyeri di telinga. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Nyeri pada Telinga

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Nyeri telinga

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Telinga nyeri dan tersumbat

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Nyeri Pada Telinga Kanan

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Kaki Keseleo dan Nyeri Pada Bagian Telinga

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat