Sering Sakit Tenggorokan dan Sariawan 23 April 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Sering Sakit Tenggorokan dan Sariawan

assalamu 'alaikum dok saya mau bertanya, saya sering sekali mengalami sakit tenggorokan dan sariawan apakah berbahaya dok ? karena saya mengalami ini sudah lebih dari 3tahun jika mau diperiksakan secara spesifik saya harus ke spesialis penyakit apa ya dok? trima kasih

Lihat Selengkapnya
pria, 25 Tahun23 Apr 2021, 01:37 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang sering sakit tenggorokan dan sariawan melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit tenggorokan yang sering terjadi dapat berupa faringitis (radang pada faring/kerongkongan) atau tonsilitis (radang amandel), atau kombinasi dari keduanya. Pada semua jenis sakit tenggorokan, rasa sakit dirasakan terutama pada saat menelan dan dapat sangat menganggu. Keluhan ini juga bisa disertai dengan keluhan batuk dan pilek.

Faringitis dan tonsilitis bisa disebabkan oleh virus dan bakteri. Bila disebabkan oleh virus, keluhan akan menghilang sendirinya dalam waktu kurang lebih 1 minggu. Sedangkan bila disebabkan oleh bakteri, keluhan akan tetap ada selama bakteri tidak diatasi.

Infeksi yang terjadi akibat virus tidak membutuhkan penanganan yang spesifik. Umumnya, cukup minum air hangat, cukup tidur dan makan, serta mengkonsumsi suplemen/vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh akan mempercepat penyembuhan. Obat antiradang atau antinyeri golongan steroid (metilprednisolon) maupun OAINS (non-steroid) dapat digunakan untuk mengurangi keluhan sakit tenggorokan. 

Infeksi yang terjadi akibat bakteri membutuhkan penanganan spesifik, yaitu dengan antibiotik. Pemilihan jenis antibiotik ditentukan oleh dokter setelah melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik sebab bakteri penyebabnya bermacam-macam. Yang paling diantisipasi adalah apabila gejalanya mengarah kepada Strep throat, radang tenggorokan yang disebabkan bakteri Streptococcus Grup A.

Sedangkan untuk keluhan sariawan, bisa disebabkan oleh : 

1. Kekurangan vitamin B12. Seluruh permukaan kulit dan mukosa mulut adalah bagian tubuh yang paling sering mengalami kekurangan vitamin B12. Jika sariawan yang Anda alami disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, atasilah dengan suplemen vitamin B12 atau salep berisi vitamin B12.

2. Kekurangan nutrisi yang baik. Salah satu penyebab dari seringnya sariawan adalah kekurangan zat asam folat, zink, dan zat besi. Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan serta memperberat sariawan. Karena itu, jagalah asupan nutrisi Anda dalam pola makan sehari-hari, karena makanan sehat bisa mencegah sariawan.

3. Adanya luka pada jaringan di dalam mulut. Sariawan bisa berawal dari luka yang sangat kecil, kemudian lama-lama terus teriritasi sehingga menjadi besar. Luka di dalam mulut umumnya disebabkan karena menyikat gigi terlalu kuat, mengunyah makanan yang keras, pemakaian kawat gigi, pemakaian gigi palsu yang tidak pas, tidak menjaga kebersihan dalam mulut, dan lain-lain.

4. Konsumsi buah tertentu. Buah-buahan memang baik untuk kesehatan, tetapi beberapa buah ternyata dapat menyebabkan atau bahkan memperparah sariawan. Buah-buahan yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, dan nanas dapat memicu terjadinya sariawan, terutama bila jaringan tersebut memang sudah rusak atau berpotensi sariawan. Jika sedang mengalami sariawan, hindarilah buah-buahan seperti stroberi, tomat, apel, dan tin.

5. Daya tahan tubuh yang menurun. Pasien dengan daya tahan tubuh yang rendah sangat rentan terkena sariawan. Namun, sulit untuk menentukan hubungan langsung antara sariawan dan daya tahan tubuh. Yang pasti, sistem imun tidak bisa mencegah ataupun menyembuhkan sariawan, sehingga bisa dikatakan bahwa sistem imun adalah salah satu pencetus sariawan.

Berdasarkan The Journal of the American Dental Association, penyebab pasti dari sariawan tidak diketahui. Meski demikian, faktor keturunan bisa menjadi salah satu pemicunya. Agar tidak mengalami sariawan terlalu sering, hindarilah makanan yang pedas, panas, dan bersifat asam. Perhatikan juga aspek-aspek lainnya sehingga Anda bisa terbebas dari sariawan.

Bila keluhan ini sering kambuh, bisa jadi ada alergi pada awalnya yang kemudian mempermudah kemunculan infeksi. Oleh sebab itu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter penyakit dalam (internis) atau dokter THT. Dokter perlu mewawancara dan memeriksa secara mendalam untuk menentukan penyebab dan memberikan pengobatan yang tepat.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Sakit Tenggorokan? Jangan Diremehkan!

Sering Sakit Tenggorokan, Salah Satu Tanda Kanker Tenggorokan?

Sering Sariawan, Haruskah Khawatir?

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sering sakit tenggorokan dan sariawan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Sakit Tenggorokan Sampai ke Telinga

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Sakit Tenggorokan

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Sakit Tenggorokan

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Cara Meredakan Gejala Nyeri Tenggorokan

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Mengatasi Radang Tenggorokan atau Faringitis

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat