Penyebab Biduran Pada Bayi 25 April 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Penyebab Biduran Pada Bayi

Malam dok, mau tanya kenapa ya kok anak saya sering bentol bentol merah seperti biduran. Bahaya tidak ya soalnya masih bayi umur 5 bulan

Lihat Selengkapnya
pria, 25 Tahun25 Apr 2021, 09:32 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Biduran atau dalam bahasa medis disebut denga urtikaria. Urtikaria merupakan gatal-gatal pada kulit yang berupa bentol menimbul dan kemerahan. Biasanya disertai pula dengan rasa nyeri atau panas pada bagian yang gatal. Apabila berlangsung lebih dari 6 minggu kondisi ini disebut dengan urtikaria kronik. Sedangkan bila berlangsung singkat kurang dari 6 minggu disebut dengan urtikaria akut.

Urtikaria akut terjadi akibat reaksi alergi terhadap makanan seperti telur, bisa juga terhadap kacang-kacangan atau produk susu seperti keju. Selain itu, bisa juga dipicu oleh faktor lingkungan seperti serbuk sari tanaman, tungau debu rumah atau zat kimia, alergi terhadap latex, infeksi, sengatan serangga, stres emosional, maupun tekanan fisik seperti pakaian yang terlalu ketat atau mengenakan ikat pinggang/jam tangan yang terlalu kencang, perubahan temperatur (terlalu panas atau terlalu dingin), olahraga, atau air.

Sedangkan urtikaria kronik biasanya terjadi karena sistem pertahanan tubuh menyerang tubuh sendiri, disebut juga dengan reaksi autoimun. Urtikaria kronik bisa muncul bersamaan dengan kondisi autoimun lain seperti artritis reumatoid atau lupus. Bisa juga berkaitan dengan infeksi kronik lainnya seperti hepatitis (sakit kuning), kecacingan, hipotiroidisme, dan hipertiroidisme.

Urtikaria kronik cenderung hilang timbul. Pemicunya dapat berupa stres, alkohol, kafein, suhu hangat, dan tekanan lama pada kulit, dan sengatan serangga.

Pada kasus anak Anda, perlu dicari terlebih dulu apa saja pemicunya. Penanganan utama adalah dengan menghindari pemicu yang menyebabkan kekambuhan atau memperburuk kondisi yang ada. Biasanya pada bayi bisa dari makanan yang ibu konsumsi (karena masuk dalam ASI), bisa karena bulu hewan peliharaan, ataupun debu yang ada di sekitar.

Beberapa obat yang dapat membantu mengatasi gejala urtikaria di antaranya adalah:

  • Antihistamin - digunakan hanya untuk mengurangi gejala gatal.
  • Krim mentol, bedak atau lotion calamine - untuk meredakan gatal.

Saran kami, apabila biduran terus muncul sebaiknya Anda memeriksakan anak Anda ke dokter kulit untuk memastikan kondisinya. Pastikan Anda memperhatikan kapan dan apa yang memicu gatal-gatal pada anak Anda kambuh. Apa yang memperburuk dan apa yang membuatnya membaik.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai mengatasi urtikaria .

Semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Seputar Urtikaria

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Urtikaria dan Common Cold

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Gatal di Seluruh Tubuh

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Keluhan Gatal pada Kepala dan Leher

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Biduran Pada Anak

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat