search

Kadar kreatinin dan cuci darah

apakah kreatin dalqm darah 6 harus cuc8 darah

Lihat Selengkapnya
wanita, 62 Tahun04 Mei 2021, 12:00 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Nilai normal kreatinin darah adalah sekitar 0,6-1,2 dL. Maka dari itu jika nilai kreatinin mencapai 6 tentunya ada masalah pada ginjal. Ginjal berfungsi sebagai penyaring dan membuang sisa metabolisme, salah satunya kreatinin, maka kalau ada kerusakan ginjal, kadar kreatinin dalam darah akan tinggi. 

Cuci darah disarankan untuk mengganti fungsi ginjal yang dicurigai mengalami kerusakan, biasanya kada kreatinin diatas 5 akan disarankan tindakan ini. Jika tidak melakukan cuci darah, kerusakan ginjal yang dicurigai ini akan menyebabkan tubuh tidak bisa membuang sisa metabolisme dari tubuh atau limbah, sehingga dapat beracun pada otak dan organ lainnya. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Hemodialisa

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

perlukah cuci darah

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat