Pil KB 08 Mei 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Pil KB

Dok maaf Sy mau Tanya , apakah Klo Sudah 2 sampai 3 minggu kami tidak Berhubungan badan apakah Istri sy Harus tetap minum pil KB nya ? Atau harus tetap minum Setiap habis berhubungan saja ? Krn kami long distance relationship, apakah dy selingkuh Karna pil KBnya masih juga diminum Setelah Sy sudah meninggalkan nya untuk kerja -+3 minggu ,Makasi sebelumnya

Lihat Selengkapnya
pria, 29 Tahun08 Mei 2021, 02:20 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Terdapat dua jenis kontrasepsi pil, yaitu pil kominasi dan mini pil (pil progestin). Untuk penggunaan pil kombinasi, walaupun bisa sebagai kontrasepsi darurat, sebaiknya diyakinkan dahulu bahwa Anda tidak hamil atau dicurigai hamil. Waktu mulai sebaiknya pada hari pertama sampai hari ke 7 siklus Haid. Boleh menggunakan pada hari ke 8, tetapi perlu menggunakan metode kontrasepsi yang lain (kondom) mulai hari ke 8 hingga hari ke 14 atau tidak melakukan hubungan seksual sampai Anda telah menghabiskan paket pil tersebut.

Untuk mini pil, boleh digunakan setiap saat asal tidak hamil atau dicurigai hamil. Dapat dimulai pada hari pertama sampai hari ke 5 siklus haid. Bila dimulai pada hari ke 5 siklus haid, jangan melakukan hubungan seksual selama 2 hari atau menggunakan metode kontrasepsi lain untuk 2 hari saja.

Apabila Anda berhubungan dan baru minum pil kb keesokan harinya, maka tidak akan ada efektifitas pil kb untuk mencegah kehamilan. Karena pil kb membutuhkan beberapa hari untuk menstabilkan kadar hormonal.

Sedangkan jika yang Anda maksud adalah kontrasepsi darurat (kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan bila digunakan segera setelah berhubungan seksual), hanya efektif jika digunakan dalam 72 jam sesudah berhubungan seksual tanpa perlindungan. Jika menggunakan pil kombinasi dan minipil, harus diulangi untuk dosis kedua 12 jam kemudian. Jika menggunakan pil estrogen juga dimulai dalam waktu 3 hari pascasenggama dan diteruskan selama 5 hari. Sedangkan jika menggunakan mifepriston, hanya diperlukan 1 kali dosis dalam 3 hari pascasenggama.

Kontraspsi darurat tidak dianjurkan sebagai metode KB secara rutin atau terus menerus.

Baca juga

Cara Minum Pil KB yang Benar 

Berapa Lama Wanita Boleh Mengonsumsi Pil KB?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Kemungkinan Hamil

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Lupa Minum Pil KB dan Muncul Perdarahan

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Minum Pil KB Saat Haid

Dijawab oleh:dr. Atika

Pil kb setelah berhubungan

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Pil KB

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat