Minum Jamu saat Hamil 11 Juni 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Minum Jamu saat Hamil

Assalamualaikum dokter, saya mau bertanya. Apa benar jamu tradisional jawab itu tidak baik untuk ibu hamil karena adapat membuat ketuban jadi keruh? Karena Sebagian keluarga saya mengatakan demikian, tapi Sebagian yang lain malah bilang jamu itu bagus untuk Kesehatan ibu hamil? Mohon penjelasannya dokter.

Lihat Selengkapnya
pria, 29 Tahun11 Jun 2021, 10:58 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar minum jamu saat hamil.

Meminum jamu pada saat hamil memang tidak disarankan. Mengapa demikian? Meskipun jamu terbuat dari bahan herbal alami yang jauh lebih baik, lebih murah, dan lebih sehat daripada obat-obatan sintetis; akan tetapi para ahli kesehatan tidak menyarankan ibu-ibu hamil untuk mengkonsumsi jamu pada masa kehamilan karena tingkat keamanannya belum pernah diuji lewat penelitian klinis.

Tidak seperti obat-obatan resep, jamu berbahan dasar herbal tidak melalui proses pengecekan yang sama untuk mengetahui kualitas dan kekuatan obat yang dimiliki bahan herbal tersebut. Akibatnya, standar kualitas dan keefektifan jamu tidak pernah bisa sama antara satu produk dengan produk lain yang diproduksi pabrik berbeda. Hal ini akan merugikan ibu hamil karena tidak mengetahui resiko dan peringatan efek samping yang pasti dari jamu yang diminumnya.

Meskipun jamu terbuat dari bahan-bahan alami, tapi tidak semua bahan herbal benar-benar aman bagi ibu hamil. Oleh sebab itu, ibu hamil selalu disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan sebelum mengkonsumsi jamu atau obat-obatan apa pun.

Beberapa bahan herbal justru mengandung zat-zat yang dapat merugikan kehamilan. Beberapa jenis tanaman herbal ternyata mengandung zat aktif yang memicu keguguran, kelahiran prematur, kontraksi rahim, dan cidera pada janin. Selain itu, tidak banyak penelitian yang pernah dilakukan untuk mengukur efek samping obat-obatan herbal pada ibu hamil atau janin yang sedang berkembang. Jadi, daripada mencoba-coba hal yang beresiko, lebih baik tidak usah meminumnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Jamu saat Hamil

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat