Mengatasi Karang Gigi 13 Juni 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Mengatasi Karang Gigi

aku itu kan sudah umur 17, kok muncul karang gigi di gigi geraham. kalo saya cabut itu gigi apa masih ada kemungkinan untuk tumbuh lagi dok

Lihat Selengkapnya
pria, 17 Tahun13 Jun 2021, 08:55 WIB

drg. Wiena Manggala Putri

Dijawab oleh:

drg. Wiena Manggala Putri

Halo Saudara,

Sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa permukaan gigi kita tidak akan pernah betul-betul bersih. Segera setelah kita sikat gigi pun, lapisan tipis (disebut biofilm) akan segera terbentuk, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme baik maupun jahat, dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi.

Plak akan "matang" setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, dan plak tersebut mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor. Plak yang menumpuk dan tidak segera dibersihkan, lama kelamaan akan mengeras menjadi karang gigi dan dapat menyebabkan peradangan pada gusi, akibatnya gusi menjadi bengkak, warnanya merah terang, dan mudah berdarah.

Untuk membersihkan karang gigi tersebut hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar. Alat ultrasonic  ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akarnya. 

Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar karang gigi tidak terbentuk, yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi.

Pembersihan karang gigi harus dilakukan, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya keradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi dan selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak.

 

Baca juga:

- Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah

Yuk, Ketahui Bedanya Plak dan Karang Gigi

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bau Mulut

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Menghilangkan Tompok Putih Pada Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Rasa Nyeri Setelah Membersihkan Karang Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Solusi Gigi Berlubang dan Banyak Karang Gigi

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Karang Gigi Bikin Makan Tidak Nyaman

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat