Apakah sariawan merupakan gejala HIV? 15 Juni 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Apakah sariawan merupakan gejala HIV?

Hallo dok, mau tanya, beberapa Minggu yang lalu saya sariawan dan ada 2 biji sariawan, dan setelah beberapa hari kemudian saya mengalami pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan pusing. Apakah itu gejala HIV dok?

Lihat Selengkapnya
pria, 14 Tahun15 Jun 2021, 07:11 WIB

dr. M. Dejandra Rasnaya

Dijawab oleh:

dr. M. Dejandra Rasnaya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. sebelumnya perlu saya tanyakan apakah anda pernah berhubungan seks tanpa menggunakan kondom dan berganti-ganti pasangan? menggunakan narkoba suntik? mendapat transfusi darah? karena apabila tidak pernah semua seharusnya sulit dijelaskan bagaimana anda bisa tertular HIV.

Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit tentang HIV. Infeksi HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut. Jadi jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa antara penderita dengan bukan penderita maka tidak dapat terjadi penularan.

Menghindari penularan terjadi dengan penderita HIV adalah dengan menghindari kontak langsung dengan cairan tubuh (darah, air mani, cairan vagina, ASI) dengan cara tidak melakukan hubungan seksual pranikah, tidak menggunakan narkoba jarum suntik, dan hindari kontak langsung cairan tubuh dengan penderita HIV. 

Gejala Awal dari infeksi HIV-AIDS adalah:

- Nyeri kepala

- Diare

- Mual dan Muntah

- Lelah

- Nyeri otot

- Nyeri menelan

- Lesi merah pada tubuh yang biasanya tidak gatal dan biasanya muncul di bagian dada

- Demam

Bila seseorang merasa telah terinfeksi oleh HIV kini sudah ada obat yang dapat mencegah perkembangan virus. Dimana obat ini dapat dikonsumsi beberapa jam hingga hari setelah terinfeksi. 

Pada HIV bisa terdapat gejala seperti sariawan tapi berbeda dengan sariawan biasa. Sariawan HIV biasanya sariawan tunggal yang dalam dan sukar sembuhnya. Jika sariawan biasa bisa sembuh dalam 1-2 minggu. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Pilek, Tenggorokan Gatal, dan Nyeri Menelan

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Sakit Tenggorokan

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Sering Pilek dan Pusing

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Pilek pada Anak

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Apakah Lagi Flu Boleh Periksa swab?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat