Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Biayanya 22 Juni 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Biayanya

saya mau bertanya mengenai gigi, gigi depan bagian dalam(depan lidah) saya ketika saya melihat melalui cermin, sepertinya tumbuh karang, dan warna gigi saya agak kuning(saya minum kopi hampir tiap hari), bagai mana caranya agar menghilangkan karang tsb dan membuat gigi putih kembali? jika harus pergi ke dokter perkiraan biaya nya sampai berapa? terimakasih

Lihat Selengkapnya
pria, 24 Tahun22 Jun 2021, 08:56 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar cara menghilangkan karang gigi dan biayanya melalui fitur Tanya Dokter

Sebelum menjawab pertanyaan anda, kami akan menjelaskan sedikit tentang karang gigi. 

Permukaan gigi kita sebenarnya tidak pernah betul-betul bersih. Segera setelah kita sikat gigi pun, lapisan tipis (disebut biofilm) akan segera terbentuk, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme baik maupun jahat, dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi.

Plak akan "matang" setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, dan mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor.

Plak yang menumpuk dapat menyebabkan peradangan pada gusi, akibatnya gusi bengkak, warnanya merah terang, dan mudah berdarah.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena plak akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap.

Bila tidak dibersihkan secara optimal, mineral-mineral yang berasal dari plak, air liur dan makanan akan terdeposit di dalam plak sehingga lama kelamaan plak akan mengeras, itulah yang disebut karang gigi (dental calculus).  

Dental calculus  tidak dapat dibersihkan hanya dengan sikat gigi, namun dapat dibersihkan dengan penggunaan alat scaler ultrasonik atau dengan hand instrument.  Scaler ultrasonik bekerja dengan cara vibrasi atau getaran pada ujung alat yang dapat dilepas dan disterilisasi.

Bagian ujung alat tersebut juga menyemprotkan air sehingga membilas karang gigi dan menjaga gigi tetap dalam keadaan dingin, karena panas yang timbul akibat gesekan ujung alat dengan gigi dapat menyebabkan trauma pada pulpa gigi. Vibrasi dari ujung scaler tidak merusak email, selama email gigi terbentuk dengan sempurna.

Biaya pembersihan karang gigi cukup bervariasi karena tidak ada suatu standar mengenai hal ini. Biaya perawatan gigi dipuskesmas memang lebih rendah apabila dibandingkan dengan rumah sakit atau klinik swasta namun tidak semua puskesmas menyediakan layanan pembersihan karang gigi.

Sebagai gambaran Untuk biaya scaling atau pembersihan karang gigi itu sendiri di klinik swasta daerah jakarta selatan selain dipuskesmas berkisar antara Rp 400.000- Rp 600.000. Sedangkan di puskesmas umumnya lebih terjangkau, pembersihan karang gigi dikenakan biaya tidak sampai Rp 100.000,.

Namun, untuk memastikannya Anda dapat bertanya terlebih dahulu ke RS atau klinik yang dituju karena setiap RS maupun klinik memiliki harga yang berbeda.

Baca juga artikel terkait :

- Bahaya Karang Gigi yang Tidak Dibersihkan

Yakin Kulit Kacang Bisa Bersihkan Karang Gigi? Ini Faktanya

Biaya Perawatan Gigi Terlalu Mahal? Begini Solusinya

Demikian informasi yang dapat diberikan mengenai cara menghilangkan karang gigi dan biayanya, Semoga Bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Mengatasi Karang Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Bau Mulut

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Menghilangkan Tompok Putih Pada Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Rasa Nyeri Setelah Membersihkan Karang Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Solusi Gigi Berlubang dan Banyak Karang Gigi

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat