Betis Sering Pegal-pegal 05 Juli 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Betis Sering Pegal-pegal

Knapa betis saya sering pegal pegal?

Lihat Selengkapnya
wanita, 46 Tahun05 Jul 2021, 09:26 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar betis pegal melalui Tanya Dokter.

Betis terasa pegal dapat terjadi karena adanya penumpukan asam laktat. Penumpukan asam laktat ini umumnya terjadi bila seseorang melakukan aktivitas atau olah raga yang berlebihan. Jika terasa di betis, kemungkinan aktivitas atau olah raga tersebut banyak menggunakan otot-otot betis.

Untuk mengurangi rasa pegal di betis, Anda dapat melakukan peregangan sembari memijat pada daerah betis secara rutin setiap hari sebelum tidur atau segera setelah beraktivitas. Selain itu Anda dapat melakukan tips berikut :

1. Rest (Istirahat)

Anda harus beristirahat sesegera mungkin setelah Anda mengalami pegal betis. Cobalah untuk membatasi berjalan dan melakukan gerakan dalam 24 jam pertama untuk menghindari terjadinya pegal betis yang berlanjut.

2. Ice (Mendinginkan)

Gunakan kompres es atau perangkat lain yang dingin untuk mengompres otot betis selama 15-20 menit setelah timbulnya rasa pegal betis. Hal ini harus diulang setiap beberapa jam selama 24 jam pertama.

3. Elevation (Peninggian)

Istirahatkan pergelangan kaki sedikit lebih tinggi. Hal ini bisa membantu melancarkan pembuluh darah pada betis Anda. Anda harus bertahan dalam posisi ini selama kurang lebih 24 jam untuk mengurangi pegal betis.

4. Peregangan otot

Lakukan peregangan otot secara berkala beberapa jam sekali untuk mengurangi rasa pegal betis.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat