Demam dan Muut Terasa Pahit 12 Juli 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Demam dan Muut Terasa Pahit

Assalamu’allaikum dok saya mau tanya, badan suka menggigil trs batuk , makan rasanya pahit pusing . Itu biasanya gejala apa yo dok

Lihat Selengkapnya
wanita, 23 Tahun12 Jul 2021, 10:57 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar batuk dan mulut pahit melalui Tanya Dokter.

Demam hanya merupakan suatu gejala atau alarm tubuh dari sebuah penyakit. Demam timbul sebagai respon tubuh akibat rangsangan pada pusat demam di otak, paling sering akibat adanya infeksi. Dalam kondisi demam merupakan hal yang wajar jika mulut terasa pahit. Hal ini disebabkan pada saat sakit, produksi air liur menjadi berkurang sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob yang menghasilkan sulfur di dalam mulut, sulfur inilah yang membuat mulut terasa pahit dan kemampuan indra pengecap menghilang.

Adanya batuk dan pilek mengindikasikan adanya infeksi pada saluran nafas bagian atas. Sementara keluhan mencret, bisa diakibatkan demam itu sendiri akibat peningkatan suhu tubuh sehingga terjadi gangguan pada saluran cerna, atau adanya infeksi pada saluran cerna (mencret yang diakibatkan infeksi saluran cerna) yang juga ikut memicu timbulnya demam. 

Karena demam hanya merupakan suatu gejala, pada saat diberi obat demam maka suhu tubuh akan turun, namun selama penyebab demam belum teratasi, maka demam akan kembali muncul. Oleh karenanya perlu ditelusuri penyebab demam, sumber infeksi dari organ tubuh mana saja, dan lainnya agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Jika ditemukan infeksi bakteri, maka perlu diberi antibiotik, jika karena virus maka perlu bed rest total, dan sebagainya. Untuk itu kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter agar dilakukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik dan penunjang (misalnya lab) untuk diagnosis yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Sudah Isoman, Masih Batuk

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Demam Sore Hari

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Demam Berdarah

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Sering Batuk Kering dan Sesak Napas

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Demam dan Nyeri Badan

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat