Penyebab Menggigil 12 Juli 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Penyebab Menggigil

assalamu'alaikum,Dok. waktu hari kamis kemaren saya kehujanan lalu saya menggigil sampe malem dan juga pilek. Hari jum'at nya mengigigil dan pilek saya hilang tapi yg ada saya malah mual dan pusing setiap makan pun di muntahin. tapi ternyata besok nya saya coba jalan,makan sedikit" udah bisa tapi malemnya langsung panas,tidur pun ngigo terus itu kenapa ya dok? terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 22 Tahun12 Jul 2021, 01:51 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Halo Sdr,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Menggigil merupakan respon tubuh untuk menghasilkan panas yang menyebabkan otot tubuh berkontraksi dengan cepat. Respon ini merupakan gejala bahwa Anda sedang memiliki gangguan kesehatan.

Ketidakmampuan tubuh untuk mentoleransi dingin dapat disebabkan oleh banyak hal. Hal ini dapat merupakan kondisi normal pada beberapa variasi genetik yang memang tidak dapat mentoleransi dingin dan tidak perlu diobati. Tapi menggigil juga bisa disebabkan karena suhu tubuh rendah (hipotermia), dehidrasi, kadar gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, kekurangan nutrisi, efek samping obat sampai faktor psikis.

Untuk penanganan awal, sebaiknya Anda perbanyak istirahat, banyak minum, gunakan selimut saat istirahat, gunakan air hangat ketika mandi, hindari dulu penggunaan ac/kipas angin, dan jika merasa demam, Anda boleh meminum obat penurun panas, seperti paracetamol. 

 

Baca Juga

Badan Tiba-tiba Menggigil? Ini PenyebabnyaHujan Mulai Sering Turun, Waspada HipotermiaPertolongan Pertama untuk Orang yang Mengalami Hipotermia  

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas sembuh.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Suhu Demam Naik pada Penderita Covid-19

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Demam dan Muut Terasa Pahit

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Demam Sore Hari

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Demam Berdarah

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Demam dan Nyeri Badan

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat