Seputar Obat 13 Juli 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Seputar Obat

saya mau tanya dok, apakah kalau minum obat campur campur itu sama saja dengan narkoba atau narkotika? contoh obat pusing dicampur dengan obat sakit gigi dll dok, saya campur beberapa obat saya lupa berapa nya dan sudah 8 atau 12 kali gitu saya lupa dok, terimakasih dok telah menjawab pertanyaan saya

Lihat Selengkapnya
pria, 17 Tahun13 Jul 2021, 01:56 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

tergantung dari jenis golongan obat yang digunakan.

Untuk mengatasi nyeri, misalnya pada nyeri-nyeri berat biasanya akan diberikan obat-obatan golongan opioid (tramadol, morphine, hydrocodon) oleh karena obat-obatan golongan ini kerjanya benar-benar memblokade reseptor nyeri di tubuh sehingga sangat efektif menghilangkan nyeri. Biasanya apabila digunakan dalam jangka waktu yang diberikan oleh dokter tidak maka efek samping adiksi nya biasanya bisa dicegah. Namun, jika Anda hanya menggunakan obat-obatan golongon non-opiod analgetik yang umum diberikan oleh dokter misalnya seperti golongan NSAID (asam mefenamat, ibuprofen) , atau misalnya paracetamol yang bukan golongan NSAID maka itu bukan termasuk narkotika. 

Pencemapuran lebih dari 1 jenis obat tanpa ada indikasi khusus bisa menyebabkan interaksi obat antara satu dengan yang lain, beberapa efek samping yang dikeluhkan berdebar-debar, lemas, pusing, mual, diare, hingga reaksi alergi. Sebaiknya gunakan obat dengan indikasi yang tepat dan dosis yang sesuai. Silahkan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat untuk kondisi Anda.

Demikian yang bisa kami sampaikan

Salam, 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Apa Obatnya?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Minum Kombinasi Obat

Dijawab oleh:dr. Atika

Gejala Seputar Alergi Obat

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Konsumsi obat bersamaan?

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Konsumsi obat

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat