Kaki Berbentuk X 15 Juli 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Kaki Berbentuk X

Assalamualaikum Dok, saya ingin bertanya. Apakah kaki bentuk x pada orang dewasa dapat disembuhkan? gap antara kaki dibawah 3 cm

Lihat Selengkapnya
pria, 22 Tahun15 Jul 2021, 09:40 WIB

dr. Sara Elise Wijono MRes

Dijawab oleh:

dr. Sara Elise Wijono MRes

Halo

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Kaki X atau di dunia medis disebut sebagai genu valgum, merupakan gangguan pertumbuhan tulang kaki yang menyebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Gangguan pertumbuhan ini juga mengakibatkan sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal.

Penyebab kelainan ini sifatnya multifaktorial, faktor genetik atau keturunan merupakan salah satunya, akan tetapi juga ada sejumlah faktor lain, yaitu:  

  • Posisi tidur yang salah, misalnya tengkurap seperti katak. Jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai.
  • Kebiasaan duduk yang salah, misalnya duduk dengan posisi kaki melengkung ke dalam.
  • Kebiasaan menggendong yang salah, misalnya saat digendong menyamping, kaki anak dibiarkan melingkari tubuh Anda dan membentuk sudut 90 derajat.
  • Pemakaian baby walker yang tidak tepat. Apabila anak belum cukup kuat menopang berat tubuhnya, ia akan memaksakan salah satu kakinya untuk menyangga seluruh berat tubuhnya. Akibatnya, tungkai bawah dan pergelangan kaki saja yang terlatih, sehingga terjadi ketidakseimbangan kekuatan otot.

Mengingat umur Anda sudah memasuki 19 tahun, kemungkinan terapi untuk mencapai bentuk normal agak sulit. Berbagai kemungkinan penanganan adalah dengan latihan kaki, pemakaian alat bantu, juga pembedahan. Namun, harus dilihat terlebih dahulu derajat kebengkokan nya. Diperlukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik secara lengkap. Oleh karena itu kami menganjurkan Anda agar dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis ortopedi.

Baca Juga

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat