Kebiasaan Anak Menggosok Kelamin 15 Juli 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Kebiasaan Anak Menggosok Kelamin

Assalamualaikum dokter, Mohon maaf sebelumnya saya mau live chat tapi TDK punya akun dana. Semoga dokter tetap berkenan menjawab pertanyaan saya meskipun TDK melalui live chat. Saya mau konsultasi soal anak saya perempuan usia 3th. Sejak dari bayi dia sering memainkan V nya, sering digosok2 kan ke kasur. Apabila dilarang marah sampe nangis Biasanya dia lakukan kalo sedang mengantuk (mau tidur). Dan ini makin parah ketika dia usia 2,5th ketika saya sapih. Kalo susah tidur dia pasti begitu. Saya hawatir dok.. kira2 hal ini wajar atau tidak?

Lihat Selengkapnya
wanita, 27 Tahun15 Jul 2021, 10:45 WIB

dr. Sara Elise Wijono MRes

Dijawab oleh:

dr. Sara Elise Wijono MRes

Halo

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

 Salah satu tahapan perkembangan anak adalah mengeksplorasi bagian tubuhnya, termasuk area intimnya. Wajar jika anak pada suatu waktu mulai sering memegang area kelaminnya.

Pada anak anda, kelihatannya kebiasaan menggosokkan kelamin ke kasur dilakukan saat anak butuh kenyamanan (sedang mengantuk, saat disapih). Tentunya, anak dapat diajarkan untuk mencari kenyamanan dengan cara lainnya.

Tetap konsisten mengajarkan anak mencari kenyamanan dengan cara lain, misalnya saja memeluk boneka, selimut, atau kebiasaan lainnya. Jangan berkecil hati jika anak marah dan menangis. Beritahu anak dengan tegas namun tidak perlu marah. Hindari faktor-faktor pemicu, misalnya perhatikan menidurkan anak sebelum terlalu mengantuk.

Jika memang anda masih kesulitan, silahkan berkonsultasi lebih lanjut dengan psikolog anak.

 [bacajuga:Baca Juga](3646011 0 0)

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat