Kepala Pusing, Bersin-Bersin saat Pagi, Gejala apa? 15 Juli 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Kepala Pusing, Bersin-Bersin saat Pagi, Gejala apa?

Dok kenapa ya setiap siang hari kepala saya pusing sekali bawaannya mual apa mngkin karena saya lagi dapet bulan ya Terus yg kedua setiap pagi selalu bersin ga berenti berenti Uda gtu kalau kena debu langsung deh bersin terus terusan Sampek hidung saya terasa bau amin gitu yg sebelah kanan doang

Lihat Selengkapnya
wanita, 18 Tahun15 Jul 2021, 11:04 WIB

dr. M. Dejandra Rasnaya

Dijawab oleh:

dr. M. Dejandra Rasnaya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Melihat dari gejala yang Anda rasakan, yang pertama kemungkinan ada masalah asam lambung. apakah anda sedang stres? makan tidak teratur?

Selain itu gejala kedua kemungkinan Anda menderita rhinitis alergi. Penyebab rinitis alergi paling sering di Indonesia adalah alergen (zat pencetus alergi) inhalan yaitu alergen yang masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup atau melalui saluran napas. Alergen yang paling sering ditemukan pada rinitis alergi di Indonesia atau negara tropis pada umumnya adalah tungau debu rumah, bulu binatang, dan kecoak. Alergen makanan sangat jarang menjadi pencetus rinitis alergi.

Penentuan alergen penyebab rinitis alergi dapat dilakukan melalui riwayat penyakit dan dapat didukung dengan tes alergi baik melalui darah atau pun tes kulit. Hal yang harus diperhatikan selain alergen adalah masalah polutan seperti asap rokok yang dapat merusak saluran napas. Polutan dapat memperberat penyakit alergi di saluran napas seperti asma dan rinitis alergi. 

Gejala dan tanda rinitis alergi:

- Rasa gatal di hidung dan mata

- Bersin berulang-ulang

- Cairan hidung (ingus) encer

- Hidung tersumbat

- Bernapas melalui mulut

- Hidung tersumbat dapat terjadi secara bilateral, unilateral atau bergantian.

Gejala bernapas melalui mulut sering terjadi pada malam hari yang dapat menimbulkan gejala tenggorokan kering, mengorok, gangguan tidur, serta gejala kelelahan pada siang hari. Gejala lain dapat berupa suara sengau, gangguan penciuman dan pengecapan, serta gejala sinusitis. Gejala kombinasi bersin, ingusan, serta hidung tersumbat adalah gejala yang paling dirasakan mengganggu dan menjengkelkan. Sebagian besar gejala rhinitis alergi Anda alami. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Apakah Sinusitis Boleh Vaksinasi Covid-19?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Alergi Muncul Terus, Gatal Seluruh Tubuh

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Kulit Gatal dan Berair, Apa Penyebabnya?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Cairan Putih Keluar dari Hidung

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Minum Obat Alergi Sehabis Vaksin Covid-19

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat