Perubahan Mood dan Telinga Berdengung 21 Juli 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Perubahan Mood dan Telinga Berdengung

permisi dok, saya ingin mengajukan keluhan tentang beberapa bulan ini saya sering merasa marah dan sedih, saya merasa kesepian di tengah keramaian, sering merasa lelah dan kurang berenergi, perubahan suasana hati yang suka berubah secara drastis, bisa tertawa bahagia kemudian tiba tiba sedih dan murung, telinga saya terkadang berdengung sehingga suara di sekitar terdengar begitu jelas. mohon balasan nya dok

Lihat Selengkapnya
wanita, 17 Tahun21 Jul 2021, 02:38 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar perubahaan drastis pada mood melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan, ada kemungkinan anda mengalami gangguan bipolar. Pada gangguan Bipolar terdapat perubahan mood yang berganti ganti dari perasaan sangat bahagia berubah menjadi depresi. Sehingga pasien dapat sekali waktu merasakan seenang berlebihan atau memiliki gairah hidup berlebih (fase manik) lalu pada rentang waktu lainnya pasien dapat menunjukkan gejala depresi.

Gejala Gangguan Bipolar:

  1. Mengalami depresi, terlihat kehilangan minat, murung, cepat lelah dan menarik diri dari lingkungannya selama beberapa minggu sampai bulan. Fungsi sosialnya terganggu secara jelas
  2. Mengalami manik, yaitu peningkatan mood, berbicara cepat dan kadang-kadang loncat dari satu ide ke ide lain dengan cepat, secara sadar senang menghamburkan uang walaupun tidak memiliki banyak uang, perilaku ingin menyenangkan semua orang terlihat.

Dua hal di atas harus terjadi secara bergantian, dalam kurun waktu minggu atau bulan. Dan mengganggu fungsi sosial penderita dengan jelas, misalnya pekerjaannya terbengkalai.

Penderita gangguan bipolar membutuhkan bantuan lebih lanjut untuk mengatasi masalah ini. Terdapat obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk memperbaiki keluhan yang dirasakan. Oleh karena itu, kami sarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan psikiater. Bentuk juga support system yang baik, yang terdiri dari orang-orang terdekat yang sayang dan peduli dengan anda, untuk membantu anda melewati masa ini. 

Jangan ragu untuk mencari bantuan lebih lanjut ke Psikiater ataupun psikolog, karena dengan bantuan yang tepat sangat mungkin keluhan yang anda rasakan saat ini akan membaik. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Seputar Bipolar

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Perubahan Mood

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Beda Bipolar dan Psikosomatis

Dijawab oleh:dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Perubahan Mood Drastis

Dijawab oleh:dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Sedih Tanpa Sebab

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat