Nyeri tulang sendi terutama pinggang 04 Agustus 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Nyeri tulang sendi terutama pinggang

selamat sore dok,saya ingin bertanya tulang sendi dimulai dari bagian leher sampe ujung kaki terasa sakit,yang paling sakit bagian pinggang.ini sudah saya rasakan dalam 1 minggu ini.badan juga kerasa lemes,dada sebelah kiri sakit.keringet dingin z.kepala juga pusing z. sebenernya saya sakit apa yah dok?

Lihat Selengkapnya
wanita, 36 Tahun04 Agt 2021, 01:06 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Untuk pengobatan nyeri pinggang, maka perlu diketahui dulu apa penyebab nyeri pinggang tersebut. Bagaimana dengan keluhan nyeri pinggang Anda? Apakah disertai dengan nyeri menjalar ke kaki? Apakah disertai dengan gangguan buang air kecil atau besar? Apakah didahului oleh trauma? Bagaimana karakteristik atau tipe sakit pinggang Anda?

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih yang berasal dari organ lain, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus. Nyeri pinggang juga bisa disebabkan karena kelainan pada tulang atau jaringan sekitar tulang tersebut.

Sakit pinggang yang dikeluhkan perlu dipastikan terlebih dahulu penyebabnya, untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis saraf agar dapat dipastikan penyebabnya dengan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik yang lengkap dan juga pemeriksaan penunjang seperti foto X-ray atau MRI daerah tulang belakang.

Untuk sementara rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
  • Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh dan segera mengetahui diagnosis penyebab terjadinya keluhan Anda, dengan begitu tatalaksana yang optimal dapat dilaksanakan. Karena pengobatan nyeri pinggang bervariasi dan dapat berbeda-beda untuk tiap penyebab yang mendasari.

Baca juga

Kebiasaan Salah Penyebab Nyeri Pinggang

Waspada! Nyeri Tulang Belakang Kerap Menyerang Usia Muda

Kenali Penyebabnya Agar Dapat Meredakan Nyeri Sendi

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Obat Pegal dan Nyeri Sendi

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Demam dan Nyeri Badan

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Penyebab Nyeri Sendi

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Seputar Nyeri Tulang Ekor

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Nyeri Sendi

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat