Demam, Hilang Indra Penciuman, Mencium Bau Busuk 08 Agustus 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Demam, Hilang Indra Penciuman, Mencium Bau Busuk

Dok, saya mau bertanya nih, 2 hari yang lalu tepatnya tanggal 1 saya mengalami demam, demamnya wktu itu naik turun naik turun dok. Terus saya kehilangan indra penciuman tapi masih bisa merasakan makanan. di tambah seperti ada yang mengganjal di leher saya dok seperti lendir kadang saya secara spontan menelan ludah dan hidung saya juga setiap menghirup nafas tercium bau yang busuk. kira kira ini gejala atau penyakit apa ya dok?

Lihat Selengkapnya
pria, 17 Tahun08 Agt 2021, 02:59 WIB

dr. M. Dejandra Rasnaya

Dijawab oleh:

dr. M. Dejandra Rasnaya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. kemungkinan yang anda alami adalah sinusitis. 

Namun, untuk menentukan diagnosis, perlu dilakukan wawancara medis yang mendetil serta pemeriksaan fisik secara langsung, agar dapat mengetahui dengan lebih jelas apakah yang menyebabkan keluhan Anda ini. apakah anda sering mengalami nyeri kepala? nyeri memberat ketika kepala menunduk?  Tetapi berdasarkan keluhan yang diceritakan Anda, sepertinya Anda mengalami gejala sinusitis.

Izinkan kami untuk memberi sedikit penjelasan terkait sinusitis. Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan pada rongga sinus yang terdapat pada wajah, yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat menghambat aliran lendir pada rongga sinus. Sebagai akibatnya, dapat timbul beberapa hal, yaitu:

Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus (misalnya ingus)

Kurangnya aliran udara

Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, yang dapat menjadi media untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi bakteri, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebab alergi. Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari faktor-faktor pencetusnya.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena serta organ-organ lainnya. Namun, keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan (operasi) jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter umum atau dokter spesialis THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis Anda, serta untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Dari pemeriksaan fisik secara langsung, juga dapat diketahui pakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung atau murni akibat infeksi atau alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Mengembalikan Indera Penciuman yang Melemah akibat Covid-19

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Hidung terumbat, nyeri, tidak bisa mencium bau

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Hilang Penciuman

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Kepala Pusing, Bersin-Bersin saat Pagi, Gejala apa?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Apakah Sinusitis Boleh Vaksinasi Covid-19?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat