Asam Urat Tinggi 15 Agustus 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Asam Urat Tinggi

Salam Sehat Dokter, Saya mau bertanya. Sendi lutut saya sebelah kiri sakit, ada sedikit bengkak, susah untuk jongkok atau ditekuk, saat bagun dari jongkok sendi akan berbunyi klek. Kronologis : 2 Bulan lalu saya isolasi mandiri. Pasca isolasi Asam urat 7,5 Hati : SGOT 49, SGPT 72, 3 minggu kemudian pergelangan kaki kanan saya sakit sampai tidak bisa berjalan lalu cek asam urat 9 , Minum obat asam urat sembuh, tetapi seminggu kemudian sakit sendi berpindah ke sendi lutut sebelah kiri, minum obat dan cek asam urat 7,1. Seminggu kemudian sakit sendi bertambah ke sendi lutut sebelah kanan. jadi sakit sendi lutut kiri dan kanan. Sampai sekarang sudah hampir 1 bulan sendi lutut saya bermasalah. Sendi lutut kanan sudah lebih baik. tetapi sendi lutut kiri masih tidak ada perubahan. saya sudah puasa purin dan minum vitamin sendi tetapi tidak ada perubahan. mohon saran dan masukan dari dokter. terima kasih. semoga dokter selalu diberikan kesehatan, Aamiin

Lihat Selengkapnya
pria, 36 Tahun15 Agt 2021, 02:45 WIB

dr. Sara Elise Wijono MRes

Dijawab oleh:

dr. Sara Elise Wijono MRes

Halo

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Artritis gout adalah salah satu penyakit yang dapat timbul apabila kadar asam urat tinggi. Hal ini adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat mengeluarkan asam urat yang berlebih, sehingga kristal asam urat yang berlebih akan menumpuk di jaringan tubuh.

Artritis gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan radang pada persendian. Nilai normal asam urat berbeda untuk pria dan wanita. Nilai asam urat normal untuk pria adalah 3.4 – 7 mg/dL, sedangkan untuk wanita 2.4 – 5.7 mg/dL.  Artritis gout yang berlangsung dalam jangka panjang dapat menyebabkan penumpukan asam urat di dalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal, dan membentuk batu ginjal.

Gejala awal dari artritis gout adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada  sendi yang tipikal dan tiba-tiba. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Pada serangan mendadak, penderita dapat menunjukkan gejala demam dan nyeri hebat yang dapat berlangsung lama, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu, serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama bila tidak mendapatkan penanganan.

Artritis gout dapat dikendalikan dengan pengobatan teratur. Gejala-gejala dalam 24 jam biasanya akan hilang setelah mulai pengobatan.  Gout secara umum diobati dengan obat antiinflamasi. Yang termasuk di dalamnya adalah:

  • NSAIDs, seperti ibuprofen atau naproxen, secara umum diberikan untuk mengobati serangan berat dan mendadak, obat ini bisasanya menurunkan peradangan dan nyeri dalam beberapa jam
  • Kortikosteroid, dapat diberikan pada orang yang tidak dapat menggunakan NSAID. Steroid bekerja menurunkan peradangan. Steroid dapat di suntik (injeksi) langsung pada sendi yang terkena atau diminum dalam bentuk pil.
  • Colchicine juga digunakan untuk mengobati peradangan pada penyakit gout.
  • Alloupurinol dapat menurunkan kadar asam urat dengan cara menekan produksi asam urat. Obat ini bekerja pada metabolisme asam urat dengan mencegah perubahan zat purine dalam makanan menjadi asam urat. Namun, allopurinol tidak diberikan pada saat terjadi serangan.

Untuk mendapatkan beberapa obat ini Anda harus berkonsultasi secara langsung dengan dokter terlebih dahulu, agar dosis dapat disesuaikan untuk diri Anda. Selain itu, penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.

Pembatasan konsumsi zat purin sebagai obat asam urat dikhususkan bagi penderita gangguan asam urat. Dimana sedikit banyak gangguan tersebut juga dipengaruhi oleh faktor gaya hidup dan pola makan. Diet rendah purin bertujuan untuk mengurangi makanan yang kaya akan kandungan purin seperti sarden, kangkung, jeroan, bayam sebagai obat asam urat. Jika pada kadar normal makanan sehari-hari ambang kandungan purin yang bisa ditoleransi adalah 600 – 1000 mg, maka pada program diet ini dibatasi berkisar pada 120 – 150 mg.

Dengan pembatasan kandungan purin sebagai obat asam urat tersebut, dapat menghasilkan penurunan kadar asam urat dalam darah dan melancarkan pengeluaran asam urat. Diet untuk asam urat ini dapat dipermudah dengan melakukan kiat sederhana sebagai berikut :

  • Mengonsumsi kalori, protein, mineral, dan vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuh secukupnya.Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dapat membantu pengeluaran asam urat melalui air seni. Diperlukan zat karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi lebih dari 100g/hari. Adapun zat karbohidrat kompleks didapat pada singkong, roti, dan ubi
  • Melakukan diet rendah lemak, karena lemak cenderung menjadi penghambat pengeluaran asam urat.Disamping diet rendah lemak, diperlukan pula diet rendah protein sebagai obat asam urat, karena kandungan protein dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Anjuran asupan protein disarankan pada penderita maksimal di kisaran 50-70 g/hari
  • Guna membantu pengeluaran kelebihan asam urat serta mencegah pengendapan asam urat pada ginjal cobalah untuk meminum sedikitnya 2 hingga 3 liter/hari.
  • Hindari mengonsumsi alkohol karena kandungan alkohol dapat menjadi penghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.
Baca Juga

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Nyeri tulang sendi terutama pinggang

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Obat Pegal dan Nyeri Sendi

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Penyebab Nyeri Sendi

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Hasil pemeriksaan asam urat tinggi

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Nyeri Sendi

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat