Hamil menggunakan pengaman dan tes DNA 31 Agustus 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Hamil menggunakan pengaman dan tes DNA

maaf sblmnya,,ini saya ingin menanyakan terkait kandungan ponakan saya,,,begini cerita singkatnya,,,sesuai informasi ponakan saya terakhir PMS tanggal 23 maret,,sedangkan Melakukan hubungan badan tanggal 8 April dikarenakan sdh mulai membesar Perutnya disarankan agar menikah saja dgn pasangannya,,,namun ketika bawa utk USG dan pada tanggal 16 juli kmrn dikabarkan sdh memasuki bulan yg ke 4 atau ke 5 dan setelah kita tanyakan HPL sekitaran bulan desember antara tanggal 12 sampai 15,,,yang menjadi Problemnya dari pasangannya bersikeras bahwa Dia tdk mau mengakui itu Janinnya,,,Padahal kita tidak menuntut apa" darinya koq...lha ini skrg malah menuntut utk Test DNA yang jelas tidak sedikit Biayanya,,Pertanyaanya begini Dok,,,meskipun Pengakuannya mereka menggunakan Pengaman tapi buktinya terjadi Kehamilan,,,dan Apakah bila dilakukan Test DNA akankah Hasilnya akan berubahdari Hasil test USG yg juga kmrn dilakukan tanggal 6 Agustus kmrn,,,,trmksh Dok..

Lihat Selengkapnya
pria, 46 Tahun31 Agt 2021, 09:25 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Tingkat efektifitas kondom untuk mencegah kehamilan memang tinggi, tapi tetap saja tidak 100% dapat mencegah kehamilan saat berhubungan seks. Berdasarkan presentase yang ada, sekitar 3 - 14 dari 100 wanita dapat hamil walaupun sudah menggunakan kontrasepsi ini. Tentunya keefektifan kondom juga dapat tercapai dengan memperhatikan cara penggunaannya yang benar, tidak ada lubang atau bocor saat digunakan dan juga pastikan kondom tersebut tidak kadaluwarsa.

DNA adalah materi genetik yang membawa informasi yang dapat diturunkan. Di dalam sel manusia DNA dapat ditemukan di dalam inti sel dan di dalam mitokondria. Tes DNA dilakukan dengan berbagai alasan seperti persoalan pribadi dan hukum antara lain: tunjangan anak, perwalian anak, adopsi, imigrasi, warisan dan masalah forensik. Tes DNA dilakukan dengan mengambil sampel biologis seperti buccal swab (usapan mulut pada pipi sebelah dalam), darah, rambut beserta akarnya, walaupun lebih dipilih penggunaan darah dalam tabung (sebanyak 2ml) sebagai sumber DNA.

Selain itu tes DNA juga dapat dilakukan untuk tes maternitas dan tes paternitas. Tes paternitas adalah tes DNA untuk menentukan apakah seorang pria adalah ayah biologis dari seorang anak. Tes maternitas adalah tes DNA untuk menentukan apakah seorang wanita adalah ibu biologis dari seorang anak. Identifikasi DNA untuk tes paternitas dilakukan dengan menganalisa pola DNA menggunakan marka STR (short tandem repeat). 

Tes DNA adalah 100% akurat bila dikerjakan dengan benar. Tes DNA ini memberikan hasil lebih dari 99.99% probabilitas paternitas bila DNA terduga ayah dan DNA anak cocok (matched). Biaya pemeriksaan akan tergantung di laboratorium mana atau di rumah sakit mana Anda melakukan tes DNA. Mengenai biaya, Anda dapat langsung menanyakan kepada laboratorium atau rumah sakit terkait.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bisa hamil pakai IUD dan kondom?

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Seputar Tes DNA

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Pemakaian Kondom dan Resiko Penularan IMS

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Kemungkinan Hamil Setelah Memakai KB dan Kondom

Dijawab oleh:dr. Atika

Bolehkah Kondom Digunakan Berulang Kali?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat