Anemia pada Ibu Hamil 15 September 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Anemia pada Ibu Hamil

Halo dok saya mau tanya kan saya sedang hamil 6 bulan terus HB saya rendah bagaimana untuk maksimal kan nya yah dok #Makasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 16 Tahun15 Sep 2021, 02:15 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Anemia Pada Ibu Hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Anemia adalah keadaan dimana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada dibawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh.

Anemia yang terjadi saat kehamilan tanpa disertai perdarahan atau riwayat anemia sebelumnya, lebih disebabkan karena kurangnya asupan yang bertujuan untuk pembentukan sel darah merah (zat besi, vit B12, asam folat). Keadaan ini masih terbilang normal saat hamil karena kebutuhan zat besi pada tubuh wanita yang sedang hamil terus-menerus meningkat sesuai dengan usia kehamilan dan meningkatnya jumlah pembentukan sel darah merah ibu sebanyak 25%.

Kadar hemoglobin yang menunjukkan anemia saat hamil adalah apabila <11gr/dL pada trimester I dan III, serta < 10.5 gr/dL pada trimester II. Apabila anemia yang dialami berat, maka aliran oksigen ke janin dapat terganggu sehingga dapat mengganggu pertumbuhan janin, air ketuban berkurang dan bahkan hingga kematian janin. Ibu yang mengalami anemia juga berisiko untuk mengalami persalinan preterm (sebelum waktunya), persalinan tidak maju serta risiko perdarahan saat melahirkan.

Anda dapat mencegah anemia akibat kekurangan zat besi dan vitamin dengan konsumsi makanan sehat yang kaya akan zat besi, asam folat dan vitamin B-12. Makanan sumber zat gizi tersebut antara lain adalah:

Zat besi : daging, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah yang dikeringkan, dan biji-bijian.

Asam folat : buah dan jus sitrus, sayuran hijau.

Vitamin B-12 : daging

Konsumsi bahan makanan yang kaya akan zat besi sangat dibutuhkan terutama pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan, ibu hamil, dan masa haid. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi.Selain makanan di atas, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi tablet besi, asam folat, serta vitamin B. Pemberian Dosis pemberian asam folat selama kehamilan dapat diberikan sebanyak 600-800 mikrogram /hari. Pemberian asam folat pada masa-masa tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan tabung saraf (Neural Tube Defect) pada bayi dalam kandungan.

 

Bila kadar anemia sudah sangat berat, jangan lupa berkonsultasi pada dokter. Sebab, bila diperlukan dokter akan menyarankan untuk transfusi darah.

Baca juga:

Anemia

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Thalassemia

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Makanan Untuk Penderita Anemia

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Tanda dan Gejala Anemia

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Tukak Lambung atau Anemia

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Seputar Suplementasi Zat Besi

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat