Apakah Gigi Tiruan Bridge Berpengaruh saat Tes Sekolah Kedinasan? 20 September 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Apakah Gigi Tiruan Bridge Berpengaruh saat Tes Sekolah Kedinasan?

Halo dok, saya ingin bertanya untuk seleksi masuk sekolah kedinasan atau polwan apakah menggunakan gigi tiruan cekat (bridge) untuk geraham akan mengurangi nilai? Dan kira-kira perlu biaya berapa untuk membuat gigi tiruan cekat (bridge) geraham? Terimakasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 17 Tahun20 Sep 2021, 11:30 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang gigi tiruan bridge berpengaruh saat tes sekolah kedinasan melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan saya akan menjelaskan dulu mengenai seleksi tes kesehatan gigi masuk sekolah kedinasan. Dalam seleksi untuk sekolah kedinasan kita harus memiliki kondisi tubuh yang prima, juga untuk keadaan gigi yang sehat. Dan untuk lulus seleksi tidak semudah itu, anda harus lulus dari serangkaian test yang tidak sedikit. 50% kegagalan peserta disebabkan karena tidak lulus tes kesehatan, salah satunya adalah syarat kesehatan gigi.

Bila gigi anda berlubang, maka perlu dilakukan penambalan gigi. Gigi berlubang yang dalam sudah mencapai kamar saraf maka gigi perlu dilakukan perawatan saraf gigi. Jika terdapat gigi sisa akar maka sebaiknya dilakukan pencabutan. Kasus lain seperti gigi geligi yang tumpang tindih/berjejal atau renggang juga dapat mengurangi penilaian.

Oleh karena itu, sebaiknya melakukan perawatan kawat gigi terlebih dahulu sebelumnya agar dapat lulus dalam seleksi ini. Jika terdapat banyak gigi yang sudah hilang/dicabut juga dapat mengurangi penilaian kecuali seluruh gigi yang hilang sudah diganti dengan gigi tiruan cekat.

Sedangkan untuk biaya pembuatan gigi tiruan cekat (bridge) ada beberapa tipe. Untuk Bridge Maryland biaya per giginya sama dengan Crown And Bridge ataupun Dental Crown satuan. Tentunya harga perawatan di setiap klinik atau Rumah Sakit berbeda tergantung dengan lokasi dan fasilitasnya.

Sebagai patokan, harga bridge Porcelain per gigi untuk Klinik Swasta di Jakarta Selatan mulai dari Rp.3-4 juta. Prosesnya membutuhkan 3-4 kali kunjungan. Maryland bridge bisa digunakan untuk gigi depan yang sudah lama ompong. Dan hanya dapat digunakan untuk gigi depan saja karena tidak bisa digunakan untuk menahan beban kunyah yang berat di gigi belakang. Sedangkan bridge untuk mengganti 1 gigi geraham yang hilang, maka perhitungannya adalah 3 unit jadi sekitar 9-10 juta namun harga ini sangat tergantung pada kebijakan klinik masing-masing.

 

Baca juga:

Ini Beberapa Tes Kesehatan Gigi untuk Masuk Sekolah Kedinasan

Syarat Gigi untuk Jadi Polwan

Masuk Militer, Gigi Tidak Boleh Berlubang?

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi tiruan bridge berpengaruh saat tes sekolah kedinasan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat