Mengatasi Karang Gigi 13 Oktober 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Mengatasi Karang Gigi

Permisi dokter, mohon izin bertanya. gigi saya terdapat karang gigi yang saya rasa sudah tebal karena saya sama sekali tidak pernah melakukan kontrol gigi, dirumah hanya menggunakan pasta gigi untuk perawatannya dan sesekali menggunakan moutwash, apakah itu efektif dokter? lalu jika saya ingin melakukan scaling gigi namun terkendala biaya apakah saya bisa tetap mendapatkannya melalui KIS? kemudian apakah karang gigi saya bisa hilang ya dok? saya merasa kurang percaya diri kalau mau senyum lebar hehe selain itu juga gigi saya juga tidak rata dan bolong. saya pusing dengan semua masalah gigi saya karena terlalu banyak heheheh

Lihat Selengkapnya
pria, 19 Tahun13 Okt 2021, 10:23 WIB

drg. Wiena Manggala Putri

Dijawab oleh:

drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanaya melaluifitur Tanya Dokter,

Adanya karang gigi memang akan mengganggu penampilan serta kepercayaan diri Anda, namun sayangnya untuk membersihkan karang gigi ini hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat ultrasonic. Alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi. Dengan penggunaannya yang benar, alat ultrasonic ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akarnya.

Untuk biayanya, perawatan scalling gigi ini merupakan salah satu perawatan Gigi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, Untuk memastikan adanya pemungutan biaya atau tidak, anda bisa menghubungi terlebih dahulu faskes yang Anda tuju.

Selain itu, Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar karang gigi tidak terbentuk, yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi. 

Baca juga:

Bahaya Karang Gigi yang Tidak Dibersihkan

Biaya Perawatan Gigi Terlalu Mahal? Begini Solusinya

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Biayanya

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Mengatasi Karang Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Bau Mulut

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Menghilangkan Tompok Putih Pada Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Rasa Nyeri Setelah Membersihkan Karang Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat