Haid Tidak teratur 2 Bulan, Mungkinkah PCOS? 01 November 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Haid Tidak teratur 2 Bulan, Mungkinkah PCOS?

selamat sore, saya ingin bertanya mengenai siklus menstruasi. sudah hampir 2 bulan saya tidak menstruasi, keluar darah hanya sedikit seperti bercak habis itu tidak ada lagi. dulu saya pernah konsultasi ke dokter kandungan dan di usg katanya itu hanya karna hormon saja, tapi saya takut itu merujuk pada gejala PCOS, apakah saya harus melakukan tes untuk memastikan itu gejala pcos atau bukan? terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 20 Tahun01 Nov 2021, 09:20 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar haid tidak teratur dan gejala PCOS melalui Tanya Dokter.

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan suatu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas yang ditandai oleh adanya sejumlah kista pada ovariumnya (indung telur). PCOS terjadi pada 5-10% wanita dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas) pada wanita.

Gejala utama dari penderita PCOS yaitu adanya gangguan pada siklus menstruasi dan adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen), seperti berjerawat, pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh (hirsutism), dll. Namun, beberapa wanita mungkin tidak merasakan adanya gejala-gejala PCOS selain mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas). Infertilitas pada penderita PCOS terjadi karena indung telurnya tidak mampu melepaskan sel telur setiap bulannya.

Disamping mengalami peningkatan kadar hormon pria, PCOS juga dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin perifer dan hiperinsulinemia (tingginya kadar insulin dalam tubuh) akibatnya penderita PCOS cenderung akan mengalami gangguan dalam pengaturan metabolisme lemak (lipid) dan pengaturan kadar gula darah (kadar gula darah menjadi tinggi dalam tubuh seperti yang terjadi pada penderita gula darah), sehingga mereka menjadi obesitas.

PCOS mepengaruhi infertilitas (gangguan kesuburan ) dikarenakan menyebabkan wanita menghasilkan sikus anovulatoar (tidak mengandung sel telur) akibat dari ketidakseimbangan hormonal.

Dengan pemeriksaan USG untuk melihat ukuran sel telur, seharusnya diagnosis PCOS sudah dapat dicurigai. Jika memang setelah pemeriksaan langsung oleh dokter kandungan, hasilnya tidak mengarah pada PCOS maka masih ada berbagai kemungkinan penyebab haid tidak teratur lainnya.

Siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid

Salah satu penyebab yang kerap menyebabkan gangguan haid namun tidak disadari adalah stres dan kelelahan. Bagaimana kondisi psikis dan fisik Anda? Apakah ada hal yang menyita pikiran dalam 2 bulan ke belakang atau aktivitas berat yang menyebabkan kelelahan?

Jika gangguan haid berlanjkut maka Anda dapat berkonsultasi untuk mempertimbangkan terapi hormonal bersama dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Darah Haid Sedikit dan Haid Hanya 2-3 Hari

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Haid Lebih dari 1 Kali Dalam 1 Bulan

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

SIklus Menstruasi 40 Hari, Normalkah?

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

PCOS, Bisakah Hamil?

Dijawab oleh:dr. Atika

Terlambat Haid

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat