Anak Tidak Lagi Mau Keluar Rumah? 20 November 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Anak Tidak Lagi Mau Keluar Rumah?

Anak saya berlaku tidak normal seperti biasanya karena sekarang jarang mau keluar rumah yang biasanya ketika kita pergi pasti minta ikut. Dan yang lebih tidak normal lagi, sekarang tidak mau pakai baju. sulit sekali kalau mau pakai baju, kalau mau harus yang kerahnya ketat tidak boleh keliahatan leher. mohon penjelasannya. makash.

Lihat Selengkapnya
pria, 36 Tahun20 Nov 2021, 02:53 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Halo Bapak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Bapak rasakan.

Untuk mengungkap mengenai kemungkinan penyebab yang mendasari kondisi ini, perlu dilakukan wawancara yang lebih menyeluruh. Sayangnya Anda tidak menyebutkan usia anak Anda.

Beberapa pertanyaan yang penting untuk dielaborasi misalnya apakah emosi yang dimunculkan anak ketika menolak diajak keluar? Misalnya apakah anak terlihat santai dan tenang (kemungkinan dirinya memang hanya ingin bermain di dalam rumah), atau apakah dirinya terlihat histeris, takut, dan panik ketika diajak keluar rumah (ada kemungkinan terjadi hal yang kurang menyenangkan, misalnya bully, trauma terjadinya kecelakaan, bahkan tindakan pelecehan seksual, namun tentunya mudah-mudahan bukan ini penyebabnya).

Apabila anak sudah lancar diajak berkomunikasi, ada baiknya untuk menanyakan secara langsung pada anak. Tanyakan dalam kondisi tenang dan tidak terburu-buru, misalnya di suatu sore yang santai. Tanyakan jenis pertanyaan seperti kira-kira apa penyebab mengapa dirinya tidak lagi mau keluar rumah/ apa yang dirasakannya ketika keluar rumah/ apakah ada hal diluar rumah yang membuatnya tidak nyaman. Anda juga bisa mengatakan apakah ada orang/ pihak lain yang pernah membuat anak takut/ tidak nyaman dengan perlakuan orang tersebut.

Tangkap emosi yang disampaikan anak dan jangan terkesan menginterogasi. Bila anak belum mau bercerita dan tampak menyembunyikan sesuatu, Anda bisa mengatakan bahwa "Mungkin kamu belum siap untuk bercerita saat ini, lain kali ketika kamu siap, ayah akan bersedia mendengarkanmu".

Bila Anda mencurigai adanya hal yang kurang menyenangkan terjadi pada anak, namun Anda sulit mengungkap hal tersebut dari anak, ada baiknya untuk meminta bantuan profesional seperti psikolog anak.

 

Mengenai kebiasaan anak senang menggunakan baju dengan kerah tinggi, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Preferensi seseorang dalam menggunakan pakaian akan sangat bervariasi, dan kemungkinan sang anak akan mencontoh figur lain dalam pemilihan pakaian. Apakah ada orang lain/ tontonan yang kira-kira menginspirasi sang anak untuk memilih jenis pakaian?

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga Bapak sehat selalu.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat