Keluhan Kesemutan pada Diabetesi 22 November 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Keluhan Kesemutan pada Diabetesi

Hi dokter.. Ibu saya setiap malam mau tidur selalu merasakan kakinya dari paha hingga ke jari jari terasa sakit kebas dan kesemutan. ujung jari jari tangannya juga terasa kesemutan. keseharian ibu saya aktif setiap hari jualan nasi sampai jalan mondar mandir kesana kemari, tambah lagi kalau ke pesar jalan kaki trus malamnya ibu saya pasti merasakan kakinya sakit kebas dan kesemutan. dan ibu saya ada riwayat sakit gula. apa penyebab sakit kebas dan kesemutan pada kaki ibu saya dokter, trus apa yg harus ibu kami lakukan dan ke dokter spesialis apa yg harus kamu konsultasikan. mohon maaf dokter apa bila ada perkataan saya yg salah, dan terima kasih banyak dokter sudah membantu saya.

Lihat Selengkapnya
pria, 65 Tahun22 Nov 2021, 02:30 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar kesemutan pada diabetesi melalui Tanya Dokter.

Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika keluhan kesemutan ibunda semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi pada diri ibunda, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga anda segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Selain itu, kaki kesemutan memang ada kaitannya dengan penyakit diabetes. Keluhan kaki kesemutan yang berhubungan dengan DM ini dikenal dengan neuropati perifer. Hal ini berhubungan dengan lama menderita dan ketidakstabilan gula darah penderita. Pada keadaan ini artinya sudah ada gangguan pada syaraf karena penyakit DM.  

Cara merawat kaki (lakukan dengan teratur):

  • Tidak boleh berjalan tanpa alas kaki, termasuk di pasir dan di air
  • Periksa kaki setiap hari, dan laporkan pada dokter apabila ada kulit terkelupas atau daerah kemerahan atau luka
  • Periksa alas kaki dari benda asing sebelum memakainya
  • Selalu menjaga kaki dalam keadaan bersih, dan mengoleskan krim pelembab ke kulit yang kering.

Untuk penanganan kesemutan pada diabetes antara lain dengan mengontrol kadar gula darah melalui pola makan yang benar, gaya hidup sehat serta konsumsi obat-obatan penurun gula darah. Selain itu, dapat pula dengan melalui konsumsi suplemen seperti vitamin B kompleks (B6 dan B12) atau obat-obatan golongan gabapentin.

Kami tidak dapat memberikan secara rinci mengenai obat-obatan tertentu karena dibutuhkan anamnesis serta pemeriksaan fisik secara langsung terlebih dahulu. Untuk memeriksakan kondisi, Anda dapat membawa ibunda periksa ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis saraf.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Manfaat Mengkudu untuk Diabetes dan Hipertensi

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Kaki Terasa Nyeri dan Panas

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Penderita Diabetes mendapatkan Vaksin Covid-19

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Tangan Kesemutan

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Kesemutan Separuh Badan

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat