Mengatasi Gusi Bengkak dan Bau Mulut 13 Januari 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Mengatasi Gusi Bengkak dan Bau Mulut

saya Alan, umur saya sekarang 18 th. saya mau tanya dok, sekarang ini saya mengalami sakit gigi di bagian belakang tepatnya di bagian kiri bawah, saya juga susah membuka mulut, bau mulut dan gusi bengkak. itu kenapa ya dok? terus bagaimana cara saya mengatasinya?

Lihat Selengkapnya
pria, 18 Tahun13 Jan 2022, 06:27 WIB

drg. Wiena Manggala Putri

Dijawab oleh:

drg. Wiena Manggala Putri

Halo Saudara,

Berdasarkan gejala yang anda sampaikan, dugaan kami anda mengalami Pericoronitis, suatu keadaan dimana gusi di sekitar mahkota gigi molar ketiga yang letaknya paling ujung (gigi geraham bungsu) membengkak dan mengalami infeksi. gigi geraham bungsu, normalnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun keatas. Karena gigi lain sudah tumbuh, maka biasanya gigi geraham bungsu tidak kebagian tempat pada rahang sehingga tidak tumbuh pada posisi normal atau bahkan tidak tumbuh sama sekali.

Untuk memastikan kondisinya, ada baiknya untuk segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi, sebab gigi geraham bungsu yang tumbuh sebagian atau tumbuh sebagian permukaan mahkota gigi namun tertutup gusi dapat menyebabkan Sisa makanan terjebak pada daerah tersebut dan biasanya sulit dibersihkan di sela-sela antara gusi dan gigi.

Akibatnya, daerah tersebut menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan bakteri. Kondisi ini tentu dapat menyebabkan gusi meradang dan terinfeksi sehingga gusi menjadi bengkak, menimbulkan bau mulut, terasa sakit saat tergigit, bahkan pada kasus berat pembengkakan ini dapat menjalar hingga ke pipi dan leher, menyebabkan pembengkakan kelenjar limfe leher, dan kesulitan membuka mulut seperti yang anda rasakan.

Perawatan pada kasus ini biasanya dokter gigi akan meresepkan pemberian obat anti inflamasi, antibiotik dan analgetik (pain killer) disertai dengan instruksi untuk penjagaan oral hygiene di sekitar gusi yang bengkak. Jika gusi sudah tidak bengkak, bila diperlukan dokter gigi akan melakukan flap (bedah gusi) untuk memotong gusi yang berlebih tersebut. Oleh karena itu kami sarankan untuk memeriksakan keadaan gigi anda ke dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis bedah mulut. 

Baca juga:

Gigi Bungsu

Solusi untuk Gigi Geraham Bungsu yang Sakit

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Langit-langit mulut kuning dan mengeluarkan bau tak sedap

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak Apa Harus Dicabut ?

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Gusi di Bagian Gigi Palsu Bengkak dan Terasa Ngilu

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Gusi dan Langit-Langit Bengkak Setelah Makan Keras

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Mengobati Gusi Belakang yang Bengkak dan Sudah Pecah

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat