Nyeri Dada Kanan 14 Januari 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Nyeri Dada Kanan

selamat pagi dok, sya mau bertanya, sekarang sdh 3 hri saya apabila tarik nafas panjang, dada sebelah kanan sakit, sebelumnya pada malam hari tiba-tiba perut sakit mules, dan bab, kemudian badan keluar keringat dingin dan setelahnya muntah2, seperti muntaber, tapi setelah muntah badan agak enakan, pada pagi hari sdh ga terasa apa2, cuma jadinya skrg lagi flu kalo tarik nafas dada sebelah kanan jadi sakit, maaf itu kenapa dok, mohon pencerahannya, terima kasih dok

Lihat Selengkapnya
pria, 50 Tahun14 Jan 2022, 11:48 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis. Kemungkinan keluhan yang Anda rasakan bukan jantung, karena posisi jantung ada disebelah kiri.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual.

Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri dada karena masalah psikologis, misalnya stress atau cemas.

Kami menduga nyeri dada yang dialami dapat disebabkan karena masalah di otot (akibat batuk yang terlalu kencang) maupun masalah di paru-paru. Namun, mengingat keluhan sudah lebih dari 3 hari kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung untuk memastikan kondisi Anda dan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan mendapatkan terapi optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Penyebab Nyeri Dada

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Nyer Dada Karena Jantung atau Lambung?

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Nyeri Dada Saat Bernafas

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Nyeri Dada Akibat Jantung atau Lambung?

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

nyeri dada dan terasa berat

Dijawab oleh:dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat