Seputar Biduran 16 Januari 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Seputar Biduran

Halo dokter 3 hari yang lalu kulit di area tulang kering saya digigit serangga (saya rasa nyamuk), kemudian muncul bentol yang mengakibatkan rasa gatal, namun bentol ini tak kunjung hilang sampai hari ini. Ciri-cirinya berwarna merah keunguan, gatal, dipinggirnya seperti ada bercak, berdiameter sekitar 2cm, menebal dan keras, sedikit menonjol, panas, dan perih saat disentuh. Saya tidak punya riwayat alergi, namun ketika saya masih kecil (usia sekitar 4 th), kulit saya sangat sensitif, tetapi sudah berangsur membaik ketika saya dewasa. Akhir-akhir ini kulit saya sering mengalami hal seperti ini sehabis digigit oleh serangga. Apa diagnosa untuk penyakit ini ya dok? Apakah hal ini biasa terjadi dan apa penyebabnya? lalu, bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih banyak dokter

Lihat Selengkapnya
wanita, 19 Tahun16 Jan 2022, 10:32 WIB

dr. Dyah Novita Anggraini

Dijawab oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini.

Jika benar yang Anda alami berupa bentol kemerahan yang gatal disertai rasa panas dengan ukuran bentol yang besar dan tebal, maka dalam dunia kedokteran hal ini dikenal dengan istilah Urtikaria atau dikenal dengan istilah awam biduran. Urtikaria memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala. 

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)

Makanan

Gigitan/sengatan serangga

Trauma fisik

Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)

Infeksi (bakteri, virus, cacing)

Gangguan emosional/stres

Faktor keturunan

Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.

Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Adakah periode keluhan Anda hilang? Jika pencetus dihindari bagaimana hasilnya? Adakah keluhan lain seperti sakit gigi atau diare?

Untuk itu, jika Anda sudah mengetahui penyebab alergi Anda, kami sarankan Anda menghindarinya. Anda mungkin perlu memeriksakan kesehatan gigi Anda karena infeksi gigi yang tersembunyi juga dapat menyebabkan urtikaria.

Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya. Anda dapat mengkonsumsi obat anti alergi seperti CTM, loratadin, atau cetirizin. Anda tidak perlu khawatir, obat ini aman dikonsumsi saat menstruasi. Hindari kebiasaan menggaruk karena akan membuat kulit semakin gatal dan menyebabkan iritasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Seputar Biduran

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Badan Gatal dan Bentol

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Mengatasi Biduran

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Urtikaria

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Penyebab Biduran Pada Bayi

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat