Kebiasaan Mengelupas Kulit Sekitar Jari 16 Januari 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Kebiasaan Mengelupas Kulit Sekitar Jari

Dok, mau tanya. Saya kebiasaan merobek kulit jari di sekitar kuku saya baik di tangan maupun kaki sampai nyeri tetapi setelah saya rasakan nyeri saya tidak berhenti melakukannya, saya baru berhenti jika kulitnya sudah lepas dan tidak jarang sampai berdarah. Biasanya saya lakukan sambil bengong atau saat sebelum tidur malam. Kebiasaan itu selalu terulang walaupun saya tahu dan dapat merasakan sakit ketika luka nya terkena air. Apakah kebiasaan saya adalah penyakit?

Lihat Selengkapnya
wanita, 21 Tahun16 Jan 2022, 11:00 WIB

dr. Sara Elise Wijono MRes

Dijawab oleh:

dr. Sara Elise Wijono MRes

Halo

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Kebiasaan mengelupas kulit seperti yang Anda lakukan memang sudah bisa disebut sebagai dermatilomania. Dermatilomania adalah kondisi di mana seseorang melakukan kegiatan berulang mengelupasi kulitnya. 

Kondisi ini yang dibiarkan terus menerus dapat merusak kulit dan juga kuku Anda. Anda berisiko menderita paronikia atau cantengan. Ini merupakan infeksi bakteri pada daerah kuku dan sekitarnya yang menyebabkan bengkak, nyeri, nanah, kerusakan kuku, dan peradangan. Masalah ini dapat sangat mengganggu karena mempengaruhi kenyamanan beraktivitas. Cantengan ini dapat terjadi pada kuku kaki maupun tangan.

Untuk mengatasi keadaan ini, yang dapat dilakukan adalah dengan behaviour therapy, yaitu mempelajari bagaimana hubungan antara pikiran dan kebiasaan mengelupasi kulit. Lewat terapi ini, kebiasaan penderita mengelupasi kulit dapat berkurang. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 [bacajuga:Baca Juga](3624773 0 0)

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Kebiasaan Mengelupas Kulit

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat