Pertanyaan Seputar Kesehatan 21 Maret 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Pertanyaan Seputar Kesehatan

1. perut saya terasa makin buncit, terus kembung, juga pencernaan kurang nyaman BAB agak lama dan susah ? 2. sudah lama tidak melakukan GCU / MCU ada kurang lebih 5 tahunan lalu? 3. gigi saya terasa berlubang dan berakibat pada nafas yang kurang sedap, apakah ini dampak dari gigi berlubang atau ada akibat lain dari kendala pencernaan diatas tadi ? 4. mata saya kalo baca tulisan yg rada kecil mulai nampak susah dan kabur, apa sudah saatnya saya mengunakan kaca mata ya dok? untuk beberapa keluhan saya tersebut yg usia udah diatas 40 tahunan apakah saran dan masukan yg baiknya saya lakukan dok. terima kasih

Lihat Selengkapnya
pria, 42 Tahun21 Mar 2022, 10:47 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Bagiaman gaya hidup Anda, apakah rutin berolahraga? makan teratur dan makan makanan yang bergizi setiap harinya?

Keluhan kembung biasanya disebabkan karena adanya gas yang terperangkap di saluran cerna. Hal ini berhubungan erat dengan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. CObalah untuk mengingat kembali bagaimana pola makan yang dijalani. Untuk menghindari keluhan kembung dan sembelit, sebaiknya perbanyak makanan yang berserat, minum air putih yang cukup, tetap aktif bergerak, mengonsumsi probiotik. 

keluhan perut buncit bisa disebabkan karena penumpukan lemak di sekitar perut. Hal ini bisa dikarenakan gaya hidup yang kurang sehat, seperti jarang berolahraga, mengonsumsi makanan yang tinggi lemak. 

MCU disarankan untuk dilakukan setiap 1 tahun sekali, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu. Sebaiknya Anda melakukan MCU melihat sudah 5 tahun tidak memeriksakan kesehatan.

penyebab nafas bau ada banyak sebabnya, mulai dari masalah di rongga mulut (seperti gigi berlubang, infeksi), karena merokok, makanan yang dikonsumsi, hingga masalah pencernaan misalnya GERD. Untuk memastikan penyebabnya Anda bisa memeriksakan diri ke dokter gigi maupun dokter umum/spesialis penyakit dalam.  beberapa saran yang bisa diberikan untuk membantu mengatasi masalah bau mulut :

- Sikat gigi dua kali sehari, pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

- Lakukan flossing sekali dalam sehari untuk mengangkat plak dan sisa makanan yang tersangkut di antara celah gigi-geligi.

- Pembersihan permukaan lidah secara teratur. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan sikat gigi yang lembut atau kassa.

- Pemakaian obat kumur anti bakteri untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut, misalnya obat kumur yang mengandung chlorhexidine. Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda dalam penggunaan obat kumur tersebut.

- Scaling (pembersihan karang gigi).

- Perbaikan dan penambalan gigi-gigi yang berlubang.

- Berhenti merokok.

- Pada kasus-kasus xerostomia tertentu, dokter gigi mungkin akan memberikan saliva buatan.

- Perbanyak minum air putih dan konsumsi sayuran serta buah-buahan.

- Lakukan kunjungan secara teratur ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk kontrol rutin dan pembersihan.

Keluhan pandangan yang kabur dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pandangan kabur menunjukkan suatu gangguan di dalam daya lihat atau kemampuan mengfokuskan mata terhadap suatu benda. Hal ini seringkali merupakan salah satu gejala dari kelainan refraksi. Yang termasuk di dalam kelainan refraksi antara lain adalah miopi (mata minus/rabun jauh), hipermetropi (mata plus/rabun dekat), dan astigmatisma (silinder). Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk evaluasi lebih lanjut mengenai keluhan mata yang anda alami sehingga Anda bisa mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian yang bisa kami sampaikan

Salam, 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Hal yang Dilakukan Sebelum MCU

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Kesehatan

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Seputar Resep Dokter

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Sering Mimpi Buruk

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Hasil MCU

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat