Nyeri Payudara, Mual, Tidak Enak Badan 29 Maret 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Nyeri Payudara, Mual, Tidak Enak Badan

payudara terasa sakit dan mengeras,, kalau pagi suka mual,, dan gak enak badan

Lihat Selengkapnya
undefined, undefined Tahun29 Mar 2022, 10:31 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Apakah Anda sudah menikah? Kapan terakhir Anda berhubungan? Apakah saat ini Anda akan mendekati mentruasi atau justru terlambat haid? Sejak kapan keluhan ini dirasakan? Apakah ada keluhan lain yang menyertai seperti demam, muntah? Apakah ada bengkak pada kedua payudara? Adakah teraba benjolan pada kedua payudara? Apakah ada obat yang sudah di konsumsi?

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan keluhan mual dan badan yang tak terasa tidak nyaman disebabkan karena PMS (pre menstrual syndrome-- jika saat ini mendekati menstruasi), infeksi akibat daya tahan tubuh yang menurun, atau bisa menjadi tanda suatu kehamilan (apabila sudah terlambat haid).

sedikit kami jelaskan terkait tanda kehamilan,

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim
  • Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Kami tidak mengetahui kondisi Anda secara pasti mengingat kami tidak melakukan wawancara medis secara langsung dan pemeriksaan fisik, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter di fasilitas kesehatan terdekat untuk mengetahui penyebab keluhan Anda. Yang bisa Anda lakukan di rumah saat ini adalah beristirahat cukup, mengonsumsi makanan yang bernutrisi, jika mual Anda bisa makan dengan porsi sedikit namun sering.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,

Salam, 

 

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Nyeri Pada Payudara

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Mual disertai Muntah

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Perut Perih dan Mual

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Lemas, Mual, dan Dada Tidak Nyaman

Dijawab oleh:Klikdokter

Sakit Kepala dan Mual

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat