Asma pada anak dan terapi nebu 19 April 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Asma pada anak dan terapi nebu

Selamat sore dok...anak saya usia 5 tahun,saat ini asmanya sedang kumat,sewaktu umur 3 thn pernah dinebo sendiri dgn resep dokter Nacl 0,9%,ventolin dan bisolvon apakah sekarang masih bs menggunakan obat tsb dan berapa dosis yg harus diberikan,terimakasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 42 Tahun19 Apr 2022, 09:50 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Asma adalah penyakit inflamasi (peradangan) saluran pernapasan bawah. Asma sangat terkait dengan alergi, dan alergi dapat memperparah asma. Peradangan saluran pernapasan pada asma dapat selalu terjadi namun asma dapat dipicu oleh beberapa faktor diantaranya :

Allergen asma seperti serbuk sari (bunga), hewan (kucing, anjing), dan tungau debu rumahIritan asma yang umum diantaranya udara dingin, asap rokok, asap sisa pembakaran bahan kimiaIdentifikasikanlah pemicu asma anak Anda, sehingga Anda dapat menghindarkan anak dari pemicu tersebut, agar asmanya tidak kambuh kembali.

Gaya hidup yang akan memperbaiki gejala asma :

Hindarkan anak dari paparan asap rokok, baik dalam keluarga, rumah, sekolah, dllMengetahui dan menghindari pemicu asmaLima langkah untuk mengontrol asma :

Mintalah dokter untuk menyiapkan penanganan asma anak Anda secara tertulisGunakan obat sesuai dengan yang diresepkan oleh dokterWaspadalah terhadap faktor-faktor yang membuat asma anak Anda memburukBelajarlah untuk mengenali kapan gejala asma anak Anda memburuk dan catatlah waktu-waktu tersebutKetahuilah hal-hal yang akan dilakukan jika asma anak Anda memburuk atau jika anak Anda mendapat serangan asmaHal yang harus dilakukan saat terjadi serangan asma :

Segera gunakan obat pereda/pelega dalam dosis yang biasa anak Anda gunakanCobalah untuk tetap tenang dan tetap relaks, sebisa mungkin sesuaikan dengan ritme pernapasan. Duduklah, jangan berbaring, letakkan tangan anak Anda di lutut untuk membantu tetap tegak, dan cobalah untuk memperlambat pernapasan anak Anda, karena hal ini bisa mengurangi kelelahan yang akan dialamiTunggulah 5-10 menitJika gejala menghilang, anak Anda bisa kembali melanjutkan aktivitas yang sedang dilakukanJika penggunaan obat pereda tidak menghasilkan efek, hubungi dokter atau ambulansTetap gunakan inhaler obat pereda (reliever) setiap beberapa menit sampai bantuan datang

Penggunaan obat dalam nebulizer sebaiknya Anda konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda mengenai dosis yang telah disesuaikan dengan berat badan, usia, dan kondisi klinis anak. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.  

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Penggunaan Nebulizer

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Cara Menggunakan Nebulizer Untuk Atasi Asma Kambuh

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat