Anak Tidak Sengaja Menelan Obat Banyak 29 April 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Anak Tidak Sengaja Menelan Obat Banyak

Assalamualaikum.selamat siang Dok, anak saya usia 4 tahun tidak ketahuan oleh saya sudah menelan kapsul GL dari Daxen sebanyak sekitar 20 kapsul, apakah bisa menyebabkan over dosis? Di kemasan tertera itu adaah sejenis jamu, yang berfungsi untuk sirkkulasi darah. Moho jawabannya,terima kasih

Lihat Selengkapnya
pria, 4 Tahun29 Apr 2022, 11:22 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Apakah ada keluhan seperti mual muntah, diare, sakit kepala? Sampai saat ini belum ada informasi terkait efek samping yang muncul dari penggunaan obat tersebut karena obat ini termasuk dalam kategori jamu, namun apabila tidak sengaja tertelan dalam jumlah yang banyak dan menimbulkan keluhan sebaiknya segera bawa anak ke RS terdekat untuk pemeriksaan menyeluruh.

Untuk pencegahan berikutnya ada beberapa tips yang dapat Anda praktikkan:

- Letakkan obat-obatan jauh dari jangkauan anak-anak. Letakkan dalam kabinet/lemari obat yang diletakkan di tempat yang tidak dapat dijangkau anak-anak.

- Bila diletakkan di area yang masih dapat dijangkau oleh anak, gunakan pengaman misalkan mengunci laci/lemari obat, meletakkan obat di dalam toples atau kotak yang sulit dibuka, dll.

- Usahakan agar anak Anda ada selalu dalam pengawasan Anda atau orang terkasih lainnya.

- Berikan anak banyak minum air putih (susu tidak selalu dapat menetralisir racun atau kandungan obat, hanya saja mengganggu penyerapa obat namun sedikit sekali hal ini dibuktikan secara pasti.) 

Namun, untuk memastikan kondisi anak Anda memang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan,

Salam,

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat