Berat badan bayi 03 Mei 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Berat badan bayi

Dok bayi saya umur 6 bulan tp dr bulan 4 ke 6 ini kenaikan berat badannya cuma 200gr dan susah nyusu jg susah mpasi, apakah ini perlu pemeriksa an lebih lanjut? Terimakasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 22 Tahun03 Mei 2022, 07:09 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan.

Untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus . Bayi kurus adalah yang saat lahir BB-nya rendah atau di bawah 2.500 gram.

Untuk mencapai berat badan ideal, harus diperhatikan pola pemberian makan pada bayi. Rekomendasi yang dianjurkan oleh WHO sebaiknya adalah ASI eksklusif selama 6 bulan pertama karena nutrisi yang dikandung oleh ASI mencukupi untuk kebutuhan gizi bayi sampai dengan usia 6 bulan. Setelah usia tersebut maka dianjurkan untuk memberikan makanan tambahan dengan konsistensi dari cair-semi padat-sampai padat secara perlahan-lahan.

Pada usia 6-9 bulan, dimulai makanan tambahan pendamping dari yang cair terlebih dahulu (susu formula) ditambah makanan halus seperti bubur susu, buah, dan sayuran. Makanan ini dihaluskan dan dimasak (tim halus). ASI dianjurkan diteruskan selama 1 tahun kehidupan. Bahkan jika memungkinkan untuk diteruskan hingga 2 tahun, justru hal ini lebih baik bahkan karena bayi mendapat manfaat yang lebih banyak. Bagaimana dengan jadwal MPASI anak Anda?

Pada usia 9-12 bulan, konsistensi makanan menjadi makanan semi-padat atau disaring, istilahnya tim saring. Usia ini kombinasi antara bubur susu, buah, tim saring. Makanan ini diberikan dengan tujuan untuk melatih kemampuan pergerakan rahang atas dan bawah dan melatih kemampuan mengunyah (penggunaan gigi apabila sudah ada). Selanjutnya dapat disajikan makanan dengan tekstur padat atau kasar.

Apabila berat badan tak kunjung bertambah, disertai keluhan medis seperti demam, gangguan pencernaan, atau bayi menjadi mudah menangis atau rewel, kami sarankan Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk dievaluasi adakah faktor lainnya yang menyebabkan gangguan makan pada buah hati Anda.

Baca juga

Ini Penyebab Berat Bayi Kurang Meski Sudah ASI Eksklusif 

Berat Badan Bayi Tidak Normal? Ini Pemeriksaan yang Diperlukan

Berat Badan Bayi Susah Naik, Jangan-Jangan Karena Anemia?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Berat Badan Normal Bayi 7 Bulan

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Tanda Bayi Cukup Minum ASI

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat