Anak Sering Digigit Nyamuk 12 Mei 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Anak Sering Digigit Nyamuk

Perkenalkan saya devinta, anak pertama saya sekarang berusia 7 bulan. dan 1 hari yang lalu digigit nyamuk di telinga tapi kenapa bisa jadi bengkak sekali ya dok, dan sedikit melepuh lalu anak saya sering kali di gigit nyamuk padahal saya sudah pasang obat nyamuk dobel dan kasih dia telon anti nyamuk di seluruh tubuh.. saya takutnya anak saya alergi dengan gigitan nyamuk karena bekasnya seringkali mengeras dan jadi lebih besar berwarna merah, kulitnya jadi kasar dan gak mudah ilang dok.. apakah hal tersebut alergi? dan bagaimana cara menangani dan pencegahannya dok..terimakasih..

Lihat Selengkapnya
wanita, 25 Tahun12 Mei 2022, 07:56 WIB

dr. Arina Heidyana

Dijawab oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Menurut para ahli, memang terdapat beberapa faktor yang menyebabkan nyamuk lebih sering menggigit orang tertentu. Faktor yang pertama adalah:

1. Produk kimia tertentu yang dihasilkan tubuh

Produk kimia seperti asam laktat, menarik nyamuk. Orang-orang tertentu yang memproduksi lebih banyak asam laktat di kulit mereka akan lebih sering diserang nyamuk.

2. Golongan darah

Beberapa juga memang mengatakan bahwa mereka dengan golongan darah O lebih menarik nyamuk ketimbang golongan darah A dan B. Hal ini memang masih perlu penelitian lebih lanjut.

3. Laju metabolisme

Laju metabolisme tubuh tiap orang berbeda. Mereka yang lebih cepat banyak menghasilkan karbondiksida sebagai produk buangan metabolisme tubuh akan lebih sering diserang nyamuk. 

Pasalnya, nyamuk mengidentifikasi mangsanya lewat produksi karbondioksida suatu organisme. Wanita hamil, mereka dengan berat badan berlebih dan obesitas akan lebih sering diserang nyamuk karena laju metabolisme tubuhnya lebih tinggi. Aktivitas fisik berlebih dan juga konsumsi alkohol, yang meningkatkan laju metabolisme tubuh, juga akan menarik nyamuk.

Sementara kesemuanya sangat dipengaruhi oleh genetik dan sulit untuk diubah. Ada beberapa faktor yang dapat diubah, yaitu:

4. Warna baju

Warna baju yang gelap lebih mudah dikenali nyamuk, karena nyamuk membedakan mangsanya dengan lingkungan sekitar melalui bentukan siluet. Warna gelap lebih mudah terlihat sebagai siluet, sedangkan warna terang lebih membaur dengan kondisi sekitar.

5. Gerakan tubuh

Semakin banyak gerakan tubuh maka semakin mudah dikenali oleh nyamuk.

Untuk menghindari gigitan nyamuk dari anak Anda, cobalah untuk menggunakan kelambu, terutama saat anak tidur. Lalu, pastikan juga lingkungan rumah bersih dan tidak ada air yang tergenang agar tidak ada tempat untuk nyamuk berkembangbiak disekitar rumah.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Keluar Cairan dari Telinga

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Penyebab Bayi Menangis Terus Menerus

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Penyebab Bayi Menangis Terus Menerus

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Mengatasi Anak yang Suka Berkelahi

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Seputar Impetigo

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat