Penyakit Maag Kronis 13 Mei 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Penyakit Maag Kronis

slmt sore dok... sy made .. sy di diagnosis menderita maag.. dan akhirnya sy d endoskopi , dan dbiopsi , adapun hsl endoskopi sy adalah : 1. esofagitis refluks 2. gastristis superficialis anthrum 3. bulbitis dan dks obat inpepsa syr, loprezol dan vometa yg saya tanyakan.. apa arti dr hsl endoskopi trsbut ,, dokter bilang nya maagnya kronis , dan hsl lab nya ada infeksi gt aja,, apakah penyakit saya parah ? mohon penjelasannya dok.. sekian dan terimakasih bnyk ats perhatiannya

Lihat Selengkapnya
wanita, 46 Tahun13 Mei 2022, 10:58 WIB

dr. Dyah Novita Anggraini

Dijawab oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, hasil endoskopi Anda menunjukkan adanya reflusk asam lambung ke area esofagus, adanya peradangan di lambung dan adanya peradangan pada selaput duodenum. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah menjaga asupan makanan, diantaranya : 

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

Hindari dahulu konsumsi coklat, keju, kopi atau teh.Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

Jangan terlambat makanUsahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Sebaiknya Obat untuk menangani sakit maag ada beragam jenisnya, mulai dari yang langsung menetralisir asam lambung yang sudah terbentuk hingga yang perperan pada 'pabrik' pembentuk asam lambung itu sendiri. Jenis mana yang paling sesuai untuk dikonsumsi tentu bergantung dari kondisi masing- masing orang.

 

Sebaiknya Anda melakukan untuk konsultasi secara rutin ke dokter terlebih untuk memantau kondisi penyakit Anda. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Seputar Nyeri Ulu Hati

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Sakit Perut setelah Makan Pedas

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Maag?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Cara mengatasi penyakit maag

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Mengatasi Muntah

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat