Belum Muncul Gejala Mens, Apakah Tanda Hamil? 12 Juni 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Belum Muncul Gejala Mens, Apakah Tanda Hamil?

saya mau nanya dok 5 hari lagi saya datang bulan tapi belum ada gejala sama sekali ngk seperti bulan bulan sebelumnya cuma perut terasa bengkak terus selama masa subur sampe ovulasi saya melakukan hubungan sama suami apa ada kemungkinan saya hamil dok apa haid saya bakalan telat

Lihat Selengkapnya
wanita, 37 Tahun12 Jun 2022, 05:01 WIB

dr. M. Dejandra Rasnaya

Dijawab oleh:

dr. M. Dejandra Rasnaya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

sering berkemih

pembesaran dan nyeri payudara

mual

perasaan lelah

daerah sekitar puting susu menghitam

peningkatan suhu tubuh

flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim, dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Kami sarankan jika Anda terlambat haid lebih dari 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Yang paling mudah, Anda bisa melakukan test pack.

Namun bila secara tanggal, hubungan seksual yang baru terjadi 2 hari lalu tidak mungkin langsung menyebabkan kehamilan dalam 2 hari. Apalagi memang Anda sebutkan tanggal 24 seharusnya haid. Maka, kemungkinan besar bercak darah tersebut adalah menstruasi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Payudara Nyeri dan Mual

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Flek apakah Tanda Hamil

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Nyeri Payudara, Mual, Tidak Enak Badan

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Tanda Hamil

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Tanda Kehamilan

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat