Cegah herpes sering kambuh 15 Juni 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Cegah herpes sering kambuh

dok, saya terkonfirmasi terkena penyakit herpes genital cara agar tidak sering kambuh bagaimana ya dok? serta sering keputihan berwarna putih susu banyak banget kadang kering kadang basah keputihannya, itu cara menanganinya bagaimana ya dok?

Lihat Selengkapnya
wanita, 23 Tahun15 Jun 2022, 09:33 WIB

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Dijawab oleh:

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar mencegah kekambuhan herpes melalui fitur Tanya Dokter.

Herpes simpleks atau HSV dapat kambuh setidaknya 4 kali dalam setahun. Namun hal ini berbeda-beda tiap individu. Beberapa faktor risiko yang dapat memicu kekambuhan penyakit ini adalah operasi, penyakit, stress, kelelahan, diet, menstruasi, hubungan seksual yang sering, atau iritasi kulit (seperti kulit terbakar akibat sinar matahari). Sehingga sebaiknya Anda memperhatikan faktor risiko apa yang Anda miliki sehingga memicu kekambuhan penyakit ini.

Selain itu beberapa suplemen dipercaya mampu menekan kekambuhan penyakit herpes seperti vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan akan membantu sistem imun tubuh melawan virus. Zinc juga dipercaya mampu menghambat replikasi virus herpes dan membantu sistem imun tubuh. Makan makanan yang tinggi akan kadar lisin (asam amino yang dapat mencegah replikasi virus herpes) seperti kacang tanah, kacang merah, dan kacang kedelai.

Untuk mengobati keputihan Anda diperlukan pemerksaan lebih lanjut dan pengobatan bergantung pada hasil pemeriksaan tersebut atau penyebab keputihannya. Bila penyebab keputihan adalah bakteri, maka obat yang tepat adalah antibiotik. Namun jenis antibiotik yang digunakan akan sangat tergantung jenis infeksi yang berlangsung. Kami sarankan Anda berobat ke dokter kulit untuk memastikan jenis penyakit Anda lewat pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan Anda.

Baca Juga

Terima kasih, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Mengatasi Keputihan

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Keputihan Berwarna Kekuningan, Penyakit Apa?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Sariawan di Alat Kelamin

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Mengatasi Keputihan

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Keputihan Menggumpal

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat