Luka Melepuh di Kulit 16 Juni 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Luka Melepuh di Kulit

Malam dokter... Anak saya di lengan atas bentol seperti herpes/melepuh ukurannya sangat kecil, ttp setelah beberapa hari luka itu makin menyebar atau bertambah setiap harinya. Saya pikir itu hanya karena di gigit tomcat tapi koq malah jadi menyebar ya. Ini kenapa dan apa ya nama nya?

Lihat Selengkapnya
wanita, 38 Tahun16 Jun 2022, 01:39 WIB

dr. Dyah Novita Anggraini

Dijawab oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Terimakasih Anda telah menggunaan layanan e-konsulasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kemerahan disertai luka seperti lepuh dapat disebabkan oleh beberapa sebab, diantaranya :

HerpesImpetigoGigitan serangga seperti tomcatKelainan pada kulit yang awalnya berupa lentingan kemudian pecah dan ada airnya dapat disebabkan oleh infeksi virus hepes simpleks ataupun oleh infeksi bakteri (dikenal dengan nama impetigo). Keduanya hanya dapat dibedakan setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Tomcat merupakan sebutan untuk nama serangga penyebab peradangan kulit atau Dermatitis Paederus. Kumbang ini tidak menggigit atau menyengat, tapi secara tidak disengaja tersapu atau tergaruk tangan sehingga bagian tubuhnya hancur di atas kulit. Ketika itu ia akan mengeluarkan cairan hemolimfe, yang berisi pederin (C25H45O9N), zat kimia iritan kuat, yang akan menimbulkan reaksi gatal-gatal, rasa terbakar, eritema/merah dan mengalir keluar 12-48 jam kemudian.  Lepuh akan pecah dan mengering atau dapat bernanah, dalam waktu kurang lebih 2 minggu baru akan pulih kembali.

Namun diagnosis penyakit kulit memerlukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui kelainannya. Karena itu, kami sarankan agar Anda segera membawa kembali anak Anda ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga Anak anda dapat memperoleh pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Mengatasi Panu

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Gatal di Kulit

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Mengatasi Biduran

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Seputar Biduran

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Seputar Biduran

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat