Benjolan di Area Selangkangan 16 Juni 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Benjolan di Area Selangkangan

Dok, izin bertanya. Baru-baru ini saya merasa gatal di sekitar selakangan tepatnya di bagian labia mayora sebelah kanan. Lalu, saat saya menggaruk, saya sadar kalau ada benjolan kecil di situ (di tempat gatal itu). Benjolannya itu gatal, jika dibuat duduk tidak sakit, dan tidak terlalu keras kaya empuk tapi bukan empuk. Kira-kira benjolan tersebut itu kenapa ya, dok? Lalu jika saya ingin melakukan pemeriksaan lebih lanjut itu harus periksa ke dokter apa, dok? Terima kasih banyak, semoga bisa dijawab šŸ™šŸ»

Lihat Selengkapnya
wanita, 20 Tahun16 Jun 2022, 01:54 WIB

dr. Dyah Novita Anggraini

Dijawab oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui KlikdokterĀ 

Ā 

Benjolan di selangkanganĀ memiliki bentuk yang bervariasi. Ada yang besar, kecil, lunak, keras, berwarna merah keunguan, tidak berwarna, hingga ada yang menimbulkan nyeri dan tidak.

Mari kenali apa saja penyebab benjolan di sekitar selangkangan dan cara mengatasinya berikut ini:Ā 

Pembesaran kelenjar getah beningĀ 

LimfomaĀ 

Safena varixĀ 

Abses kista

Penyakit menular seksualĀ 

Ā 

Cara menghilangkan benjolan di selangkangan tergantung dari penyebabnya. Anda harus segera berkonsultasi kepada dokter mengenai keluhan ini. Dengan begitu, wawancara medis lebih lanjut dan pemeriksaan fisik bisa dilakukan.

Setelah itu, dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan darah atau pemeriksaan penunjang lainnya, seperti USG, CT scan, atau biopsi.

Bila diperlukan, akan dilakukan pemeriksaan yang berkaitan dengan infeksi menular seksual, misalnya seperti pemeriksaan urine, swab cairan uretra, maupun HIV.Ā Untuk penanganan dalam menghilangkan benjolan, tentunya disesuaikan dengan diagnosis. Jika disebabkan oleh kista yang ukurannya besar dan menimbulkan nyeri, dokter akan menyarankan untuk pengangkatan kista.Ā 

Ā 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaatĀ 

Ā 

Ā 

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat