Badan Lelah setiap Menyetir 16 Juni 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Badan Lelah setiap Menyetir

Saya kalo menyetir mobil sering merasa lelah

Lihat Selengkapnya
pria, 21 Tahun16 Jun 2022, 02:17 WIB

dr. Dyah Novita Anggraini

Dijawab oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Untuk mengatasi badan lelah dan lemas saat menyetir dapat dicegah atau setidaknya dikurangi intensitasnya dengan melakukan beberapa hal berikut:

Asupan nutrisi dan istirahat yang cukup.

Sebelum memulai perjalanan, pastikan Anda sudah cukup tidur.  Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, perbanyak buah dan sayur.

Makanan bergizi akan menjadi “bahan bakar” bagi tubuh untuk menghadapi perjalanan yang jauh. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan mikronutrien.

Atur posisi duduk di mobil.

Duduk di kursi pengemudi berbeda dengan duduk di kursi biasa. Kursi pengemudi mengharuskan tangan dan kaki berada pada posisi yang lebih tinggi dari seharusnya. Karenanya, penting untuk mengatur kursi pengemudi agar nyaman sepanjang perjalanan. Secara sederhana, berikut adalah beberapa panduan yang dapat Anda ikuti untuk mengatur posisi kursi pengemudi:

Atur ketinggian.

Saat duduk di kursi pengemudi sebaiknya posisi cukup tinggi hingga Anda dapat melihat bagian luar dari kaca depan mobil dengan jelas. Namun, tetap pastikan ada ruang antara kepala dan atap mobil.Beri ruang untuk kaki. Saat menyetir kaki Anda memainkan peran penting, yaitu menginjak berbagai pedal. Berikan ruang untuk kaki Anda agar dapat menekan pedal tanpa hambatan. Atur posisi kursi ke depan atau belakang hingga Anda merasa mudah menginjak pedal.Atur sandaran kursi. Posisikan sandaran kursi agar dapat menyokong seluruh punggung Anda, tidak terlalu membungkuk maupun terlalu ke belakang. Usahakan agar kemiringan kursi sekitar 100 derajat.

Jarak kemudi.

Atur jarak kemudi (setir) mobil senyaman mungkin yang membuat Anda mudah untuk mengoperasikannya. Idealnya, titik tengah dari kemudi mobil berjarak sekitar 25-30 cm dari dada pengemudi. Jarak yang terlalu dekat akan meningkatkan risiko cedera akibat kantong udara (airbag), sekalipun Anda menggunakan sabuk pengaman. Sementara jarak yang terlalu jauh akan membuat otot lengan dan bahu lebih mudah lelah dan pegal.

Atur penahan kepala.

Saat duduk, naikkan penahan kepala hingga mencapai puncak kepala Anda. Pastikan kepala bagian belakang bersandar sehingga otot leher tidak tegang.Manfaatkan area istirahat. Saat ini tidak sulit untuk menemukan area istirahat (rest area) sepanjang rute perjalanan mudik. Anda dapat memanfaatkan area tersebut untuk meregangkan otot dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Beristirahatlah setidaknya setiap 3 jam sekali.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

 

 

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Ini Dia, Penyebab Badan Lemas

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

GERD vs badan lemas

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Lemas Saat Terlambat Makan

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Badan Lemas Setelah Suntik Antibiotik

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Demam Naik Turun, Apa Penyebabnya?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat