Cara Mengganti Gigi Tanpa Mencabut Sisa Akar Gigi 19 Juni 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Cara Mengganti Gigi Tanpa Mencabut Sisa Akar Gigi

Gigi geraham bawah saya hanya tinggal dua buah lagi, akarnya juga sudah habis , posisi geraham yg tinggal dua ada disamping gigi taring. Bagaimana cara nya untuk mengganti gigi geraham yang hilang tanpa mencabut gigi yang masih ada ?

Lihat Selengkapnya
wanita, 48 Tahun19 Jun 2022, 03:44 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang cara mengganti gigi tanpa mencabut sisa akar gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Cara terbaik untuk mengganti gigi geraham jika masih ada akar gigi yang kuat, adalah dengan menggunakan mahkota pasak atau pin crown. Biasanya sisa akar gigi dilakukan perawatan saraf gigi terlebih dahulu, kemudian dipasangkan pasak bisa dari bahan logam atau fiber, lalu dibuatkan crown atau mahkota tiruan, bisa berbahan porselen atau zirconia. Pasak Fiber berwarna transparan dan sangat kuat, dan merupakan pilihan yang baik bagi anda yang tidak menginginkan pasak logam tertanam di dalam gigi.

Dengan adanya pasak di dalam akar gigi maka dapat menguatkan crown, agar tidak gampang patah. Seluruh prosedur yang dikerjakan ini tidak akan menimbulkan rasa sakit lagi. Dengan prosedur ini anda tidak perlu mencabut sisa akar gigi yang masih kuat tapi bisa memiliki tambahan gigi dengan pembuatan pin crown. Namun dengan syarat sisa akar gigi harus masih kuat dan tidak goyang dan tidak terlalu dalam dibawah gusi, untuk mendapatkan sementasi yang baik sehingga gigi palsu akan lebih awet dan kuat. Segera diskusikan opsi perawatan ini ke dokter gigi anda. 

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda:

- Amankah Pasang Gigi Palsu Tanpa Cabut Akar Gigi?

Biaya Perawatan Untuk Gigi Depan Patah Seluruh Mahkotanya

Gigi Palsu Longgar, Perlukah Membuat yang Baru?

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara mengganti gigi tanpa mencabut sisa akar gigi, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat