Hidung Tersumbat 11 Agustus 2022 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Hidung Tersumbat

Sudah satu bulan ini hidung saya sering tersumbat tetapi tidak disertai pilek. Anehnya hal tersebut justru terjadi saat cuaca sedang panas-panasnya. Jika saya berteduh di tempat yg tidak panas maka gejalanya akan berkurang bahkan hilang. Demikian juga ketika saya mandi, saat saya mengguyurkan air ke badan saya maka secara spontan gejala hidung tersumbat akan berangsur mereda dan hilang. Namun belakangan gejala tersebut sering terjadi pada malam hari sehingga mengganggu tidur saya sehingga saya sering merasa kelelahan saat bangun tidur karena tidur yang tidak pulas. Apakah gejala hidung tersumbat tersebut wajar karena perubahan cuaca, tetapi mengapa hanya saya dan beberapa orang saja yang mengalaminya? Apakah memang ada penyakit dengan gejala seperti itu?

Lihat Selengkapnya
pria, 36 Tahun11 Agt 2022, 07:23 WIB

dr. Arina Heidyana

Dijawab oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Hidung tersumbat memang tidak selalu akibat pilek atau flu. Hidung tersumbat bisa disebabkan berbagai hal, termasuk perubahan cuaca, yang biasanya disebut dengan rinitis.

Rinitis atau peradangan pada lapisan dalam hidung yang bukan disebabkan oleh alergi menyebabkan bersin terus-menerus atau hidung selalu beringus tanpa sebab jelas. 

Berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Hindari alergen/pencetus sebisa mungkin.

2. Gunakan obat-obat bebas seperti antihistamin yang kurang menyebabkan kantuk (loratadine, cetirizine, mebhydroline) bila Anda bekerja. Dapat juga dikombinasikan dengan obat-obat dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

3. Membersihkan lubang hidung dengan larutan garam. Larutan garam bisa dibuat sendiri atau membelinya di apotik. Untuk membuat sendiri, campur 1 sdt garam dan 1/2 sdt baking powder ke dalam 500 mL air matang. Untuk membersihkan hidung Anda, lakukan langkah-langkah berikut:

- Berdirilah di depan wastafel, tangkupkan satu telapak tangan Anda dan tuangkan sedikit larutan ke dalamnya.

- Hirup larutan tersebut ke dalam 1 lubang hidung dalam 1 waktu (gunakan tangan yang satu untuk menutup lubang hidup sebelahnya).

- Ulangi ini hingga hidung Anda terasa nyaman.

- Sebagian larutan akan mengalir ke tenggorokan melalui belakang hidung. Larutan ini sebenarnya aman bila ditelan, tetapi sebaiknya diludahkan.Pembersihan hidung ini dapat dilakukan sesering mungkin bila perlu, namun harus selalu menggunakan larutan yang baru dibuat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Hidung Tersumbat

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Hidung Tersumbat

Dijawab oleh:dr. Atika

Hidung Tersumbat setiap Bangun Tidur

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Hidung Tersumbat Sebelah

Dijawab oleh:dr. Atika

Hidung Tersumbat

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat